Makna Insecurity, Video Klip, dan Generasi Z

Main Article Content

Cherryes Patricia
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Feeling insecure is a natural thing experienced by every individual. The feelings of insecurity faced by Generation Z encouraged musicians to convey their message through one of (G)I-DLE's 'Allergy' video clips. The video clip 'Allergy' tells about feeling inferior and wanting to follow life on social media. By using Roland Barthes' semiotic analysis, the researcher aims to find out and describe the representation of the meaning of insecurity in Generation Z through the video clip (G)I-DLE 'Allergy'. This research is descriptive with a qualitative research approach. The results of this research are a representation of the meaning of insecurity experienced by Generation Z, which includes a feeling of difficulty in achieving expectations of being like an "ideal woman", aloofness and difficulty socializing, a high sense of wanting to keep up with current developments even though they do not match preferences, and social media is one of the factors that makes someone feel competitive.


Perasaan insecure, keadaan ketika individu merasa takut karena rasa tidak puas dan tidak percaya diri, merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap individu. Perasaan insecure yang dihadapi oleh Generasi Z mendorong musisi untuk menyampaikan pesannya melalui salah satu video klip (G)I-DLE ‘Allergy’. Video klip ‘Allergy’ menceritakan tentang rasa minder dan ingin mengikuti kehidupan yang ada di media sosial. Dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, peneliti bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan representasi makna insecurity pada Generasi Z melalui video klip (G)I-DLE ‘Allergy’. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya representasi makna insecurity yang dialami oleh Generasi Z yaitu meliputi rasa sulit untuk mencapai ekspektasi untuk menjadi seperti “perempuan ideal”, sikap menyendiri dan sulit bersosialisasi, tingginya rasa ingin mengikuti perkembangan zaman walaupun tidak sesuai dengan preferensi, dan media sosial menjadi salah satu faktor seseorang dapat merasa tersaingi.

Article Details

How to Cite
Patricia, C., & Utami , L. S. S. (2024). Makna Insecurity, Video Klip, dan Generasi Z. Koneksi, 8(1), 112–121. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27595
Section
Articles

References

Andriani, L., Aritonang, A. I., & Wijayanti, C. A. (2018). Representasi Timur (The Orient) Dalam Video Klip Coldplay “Hymn For The Weekend.” Jurnal E-Komunikasi, 6(2), 1–2. https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8333

Arum, E. D. (2023). Larangan Insecure dan Solusinya dalam Hadis (Kajian Hadis Tematik) [Undergraduate Thesis, IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/9780/

Dihni, V. A. (2022). Dilema Dua Sisi Media Sosial di Tangan Gen Z. Katadata. https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/630c8e10e150c/dilema-dua-sisi-media-sosial-di-tangan-gen-z

Dwinanda, M. V. (2022). Pengalaman Remaja Kelas Menengah Bawah Dalam Menggunakan Sosial Media Instagram dan Kaitannya dengan Kepercayaan Diri [Undergraduated Thesis, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/38952/17321041.pdf?sequence=1

Fatimah. (2020). Semiotika Dalam Kajian Iklan Layanan Masyarakat (Syahril, Ed.; I). TallasaMedia. http://repositori.iain-bone.ac.id/777/1/Buku%20Semiotika%20ILM%20Fatimah.pdf

Hardyani, A. K. (2022). Hubungan Antara Social Comparison dengan Body Dissatisfaction pada Wanita Dewasa Awal [Undergraduate Thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang]. http://repository.unika.ac.id/28084/

Khusni, M. (2019). Representasi Sabar dalam Film “Cinta Laki-Laku Biasa” (Analisis Tokoh Rafli) [Undergraduate Thesis, Fakultas Dakwan dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10984/1/SKRIPSI%20FULL.pdf

Liana, C. (2019). Daya Tarik Program “Ada Apa Berita’ di JakTV Terhadap Minat Menonton Berita Masyarakat Rt. 003/02 Kelurahan Johar Baru Jakarta Pusat. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 89–102. http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/ilmu_komunikasi/article/view/267

Luik, J. (2020). Media Baru: Sebuah Pengantar. Prenada Media Group. https://repository.petra.ac.id/19444/

Pujiati, T. (2015). Analisis Semiotika Struktural pada Iklan Top Coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3), 1–22. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/386

Rahayu, P. P., Irsyadiah, A. U., Fitriyatinur, Q., & Indiarti, P. T. (2021). Pemberian Edukasi Kepada Masyarakat Tentang Generasi Z dan Keunikannya. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia, 1(1), 43–53. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPSI/article/viewFile/23704/15694

Rahmawati, T. P. (2023). Rasa Insecure yang Sering Dialami oleh Generasi Z. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/tiaraputrirahmawati1949/64a64667e1a1674986062893/rasa-insecure-yang-sering-dialami-oleh-generasi-z?page=3&page_images=1

Rahmi, N. (2021). Makna dan Pesan dalam Cuplikan Video Klip yang Berjudul Corona LA oleh Family Media Co (Kajian Analisis Semiotika Sanders peirce). Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 11(2), 123. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/article/view/10257

Rakhmah, D. N. (2021, February 4). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Kemendikbud. https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Saguni, S. S., & Baharman. (2017). Narasi Tentang Mitos Kecantikan dan Tubuh Perempuan Dalam Sastra Indonesia Mutakhir: Studi Atas Karya-Karya Cerpenis Indonesia [Undergraduate Thesis, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar]. https://media.neliti.com/media/publications/256819-narasi-tentang-mitos-kecantikan-dan-tubu-594d7dca.pdf

Sudarwati, M. (2022). Analisis Semiotika Self-Esteem dalam Video Klip “My Pace” Karya Stray Kids [Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/103766/1/pasca%20sidang_MAYSALI%20SUDARWATI_L100180073%20%281%29%20%281%29%20%281%29.pdf

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. CV. Pena Persada.

Wishandy, Loisa, R., & Utami, L. S. S. (2019). Fanatisme Penggemar K-Pop Melalui Media Sosial (Studi pada Akun Instagram Fanbase Boyband iKON). Koneksi, 3(1), 133–140. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/6156/4216

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>