Fanatisme Penggemar K-Pop Melalui Media Sosial (Studi pada Akun Instagram Fanbase Boyband iKON)

Wishandy Wishandy, Riris Loisa, Lusia Savitri Setyo Utami
| Abstract views: 244 | views: 772

Abstract

Budaya populer K-Pop telah mewabah sampai keseluruh dunia terutama di Indonesia. K-Pop merupakan industri musik yang terdiri dari girlband dan boyband, salah satunya yaitu boyband iKON. Semakin berkembangnya zaman, penggemar dapat dengan mudah mengakses informasi apapun mengenai iKON menggunakan media baru atau new media, salah satunya yaitu media sosial Instagram. Dengan menggunakan Instagram, penggemar dan fandom iKON dapat melampiaskan rasa cinta dan kagumnya terhadap iKON dengan melihat video, berita dan foto-foto tampan dari anggota iKON. Hal tersebut memicu penggemar semakin cinta dan kagum terhadap iKON yang telah menimbulkan fanatisme terhadap idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku fanatisme penggemar dalam media sosial mengenai kecintaannya terhadap boyband iKON. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Data yang dianalisis diperoleh dari hasil wawancara dengan admin akun fanbase iKON di Instagram yaitu @ikonictreazure dan @Wowfaktaikon. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penggemar merasakan cinta dan kagum yang tinggi dengan menunjukan perilaku-perilaku fanatik terlihat dari respon penggemar saat berkomentar dalam Instagram.

Keywords

Budaya Populer; New Media; Fanatisme; Fandom

Full Text:

PDF

References

Hasan, Rizki Akbar. (2018). Jadi Sorotan Dunia, Jakarta-Palembang 2018 Disebut Sebagai Asian Games Terbaik Dalam Sejarah. Liputan 6.

sejarah>

Huda, M Nur. (2018). Closing Ceremony Asian Games 2018 Di SUGBK Jadi

Trending Topic Dunia. Tribun Jateng.

Lister, M., et al. (2009). New Media: A Critical Introduction Second Edition. New York: Routledge

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta:Raja Grafindo Persada Ridwan, Aang. (2016). Komunikasi Antarbudaya. Bandung: CV Pustaka Setia Seregina, A., Koivisto,

E., dan Mattila, P. (2011). “Fanaticism-Its Development

and Meanings in Consumers Lives”. Journal of Aalto University School of Economics. 1 (1). 1-106

Storey, John. (2009). Cultural Theory And Popular Culture An Introduction, Fifth Edition. London: Pearson Longman

Suryabrata, Sumadi. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.