Pola Komunikasi Kelompok Penggemar NCT pada Media Sosial Twitter
Main Article Content
Abstract
The development of technology has changed the way individual communicates. This development is marked by the discovery of an internet network that can access social media networks. One of the countries that has the communication technology and popular culture is South Korean. K-pop is one part of pop culture and a type of music from South Korean pop and each group has a different musical characteristic. NCT is one of the most popular K-pop boybands among the others. K-pop boyband will never get its popularity without the support of its fans. A group of fans who share the same interest and preferences is also known as a fandom. NCT has a fandom called NCTZEN. Every fan will interact with other fans to find and exchange information about their favorite idol. One of the social media that is often used by K-pop fans to interact is social media Twitter. This interaction between fans will form group communication and pass-through communication process and form communication patters. This research purpose is to find the pattern communication inside NCT fans group in social media Twitter. Theory that been used is group communication theory and pattern communication. The researcher used descriptive qualitative research with case study research. The research data were obtained through in-depth interviews, participatory observation, documentation, and literature study of four sources. The results obtained show that the communication pattern formed between the auto base admin and followers is the star pattern and the wheel communication pattern, while the communication pattern formed between the auto base account followers is the star communication pattern. Then, the interaction between the auto base admin and followers can occur through the communication process.
Perkembangan teknologi telah mengubah cara berkomunikasi suatu individu. Perkembangan ditandai dengan penemuan jaringan internet yang dapat mengakses jejaring media sosial. Salah satu negara yang memiliki teknologi komunikasi dan budaya populer yaitu Korea Selatan. K-Pop merupakan salah satu bagian dari budaya pop dan juga jenis musik dari Korea Selatan. K-Pop memiliki ciri khas musik yang berbeda – beda. NCT merupakan salah satu boyband K-Pop yang terkenal dikalangan masyrakat. Boyband K-Pop tidak akan pernah mendapatkan popularitasnya tanpa dukungan penggemarnya. Sekumpulan penggemar yang memiliki kepentingan serta kesukaan yang sama disebut juga sebagai fandom. Setiap penggemar pasti akan berinteraksi dengan penggemar lain untuk mencari dan bertukar informasi seputar idola yang mereka gemari. Salah satu media sosial yang sering digunakan untuk berinteraksi yaitu media sosial Twitter. Interaksi antar penggemar ini akan membentuk komunikasi kelompok dan melewati proses komunikasi serta membentuk pola komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pola komunikasi yang terbentuk dalam kelompok pengegemar NCT pada media sosial Twitter. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi kelompok dan pola komunikasi. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penelitian studi kasus. Data hasil penelitian diperoleh melalui hasil wawancara mendalam, observasi partisipasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan terhadap lima narasumber. Hasil yang didapatkan menunjukkan pola komunikasi yang terbentuk antara admin auto base dan followers yaitu pola komunikasi bintang dan roda, sementara pola komunikasi yang terbentuk di antara followers akun auto base yaitu pola komunikasi bintang. Kemudian, interaksi antara admin auto base dan followers dapat terjadi melalui proses komunikasi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu | Azeharie | Jurnal Pekommas. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/1180307/pdf
Fellicya, F. (2015). Pola komunikasi penggemar k-pop (korean pop) melalui media sosial (twitter) (studi etnografi pada komunitas penggemar k-pop di media sosial).
Indrajaya, N. (2017). Jurnal Pola Komunikasi Ikatan Mahasiswa Lampung (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pola Komunikasi Kelompok Dalam Kegiatan Ik. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:yLLSDX6yB0kJ:www.jurnalkommas.com/docs/jurnal%2520D1215040.pdf+&cd=6&hl=en&ct=clnk&gl=id
Maulida, I. H. (2020). Kepercayaan Dan Sikap Pengguna Twitter Dalam Merespon Konten Anonim Akun Twitter @Askmenfess. http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:2QCbLaVj4ngJ:repository.untag-sby.ac.id/3543/7/JURNAL.pdf+&cd=1&hl=en&ct=clnk&gl=id
Nurinda, D. (2018). Pola Komunikasi Kelompok Fansite Exonesia Dalam Membangun Eksistensi Dalam Lingkup Penggemar K-Pop Debbiani Nurinda debbyaninur. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:QYzEt15Qp1IJ:https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom/article/download/6509/2772+&cd=3&hl=en&ct=clnk&gl=id