Konvergensi Media Baru dalam Penyampaian Pesan Melalui Podcast
Main Article Content
Abstract
Technology that is increasingly developing in favor of new media, podcast. Malamkliwon is a podcast with a mystical theme based on the experience of the broadcastsand podcasts listeners. In its distribution the Malamkliwon podcast announcer tells a story that has been packaged as interestingas possible througha mediaplatform that is appropriateand close to the dailylife of the community, besidesthe steps of collaborating with third parties to become another effort in reaching listeners. With the development of Malamkliwon podcast technology also uses the concept of new media convergence in thedelivery of messages throughpodcasts. This research uses a descriptivequalitative method, while the theoretical basis used is mass communication and media convergence. The results showed three things related to media convergence according to Jenskin which was implemented by the Malamkliwon podcast inthe form of audio and visual take and then making the process of adding certain effects, then building good communication with listeners throughsocial media Instagram nd the last direct message that is the content that will be raised to be brought in the podcast which can then the attract the listener’s interest to listen until it’s over. Media platforms that are utilized in message disguising are Spotify, YouTube and Instagram.
Teknologi semakin berkembang mendukungadanya media baru yaitu podcast. Malamkliwon merupakanpodcastyang mengangkat tema mistis berdasarkan pengalaman dari penyiar serta pendengar podcast. Dalam pendistribusiannya penyiarpodcastMalamkliwon menyampaikan cerita yang telah dikemas dengan semenarik mungkin melalui platformmedia yang sesuai dan dekat dengan keseharian masyarakat.Selain itu langkah melakukan kolaborasi dengan pihak ketiga menjadi upaya lain dalam menjangkau pendengar. Dengan berkembangnya teknologi podcast,Malamkliwon juga menggunakan konsep konvergensi dalam penyampaian pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konvergensi media baru dalam penyampaian pesan melalui podcast. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Landasan teori yang digunakanadalah komunikasi massa dan konvergensi media.Hasil penelitian menunjukkan tiga hal yang berkaitan dengan konvergensi media menurut Jenkins yang diterapkan oleh podcastMalamkliwon dalam upaya penyampaian pesan yaitu dengan pengolahan konten oleh penyiar berupa take audio maupun visual kemudian melakukan proses penambahan efek tertentu,selanjutnya membangun komunikasi yang baik dengan pendengar melalui sosial media Instagram dengan memberikan balasan terhadap komentar maupun direct message, terakhir yaitu isi konten yang akan diangkat untuk dibawakan dalam podcastdapat menarik minat pendengar untuk menyimak hingga usai. Platformmedia yang dimanfaatkan dalam penyampaian pesan adalah Spotify, YouTube dan Instagram.
Article Details
References
Abdul Halik, (2013). Komunikasi Massa. Makassar: Alauddin University Press
Dominick dalam Elvinaro Ardianto. (2009) Komunikasi Massar Suatu Pengantar. Bandung: Refika Offset
Dyna Herlina, (2019) Literasi Media Teori dan Fasilitasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Dudi Iskandar (2018) Konvergensi Media; Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme.Yogyakarta : ANDI
Joseph R, Dominick, (2017) The Dynamic of Mass Communication : Media Transition, New York : McGraw-Hill Companies.
Nurudin. (2007) Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Cespur
Rulli Nasrullah. (2016) Media sosial : perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Geoghegan, Michael W., Klass, Dan. (2007) Podcast Solutions: The Complete Guide to Audio and Video Podcasting. USA: Friendsof.
Terry Flew. (2008) New Media: An Introduction : Oxford University Press
Wahyu Wibowo. (2013) Kedaulatan frekuensi: regulasi penyiaran, peran KPI, dan konvergensi media. Penerbit Buku Kompas
Yudhi Munadi. (2012) Media Pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta : Gaung Persada Press
Cindy Yamaguchi. What is podcasting?, Media Specialist Office of Technology and Distance Learning University of Hawaii at Hilo. Terarsip di : https://hilo.hawaii.edu/oct/itus/documents/Podcasting.pdf
Dian Muhtadiah Hamna. (1 juni 2018) konvergensi media terhadap kinerja jurnalis (studi kasus: fajar tv dan fajar fm), Jurnal Tabligh Volume 19. Terarsip di :
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/download/5911/5112
Efi Fadilah, Pandan Yudhapramesti, Nindi Aristi. (2017) Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten. Kajian Jurnalisme, VOL .1(1),94-96, 2017. Terarsip di:
http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme/article/download/10562/6395
Farid Rusdi. (2017, April 21) Podcast Sebagai Industri Kreatif.Jurnal Komunikasi, APRIL 2017. Terarsip di :
http://repository.untar.ac.id/460/1/1252-2953-1-PB.pdf
Meisyanti, Woro Harkandi Kencana. (2020,Februari 2) Platform Digital Siaran Suara Berbasis On Demand (Studi Deskriptif Podcast di Indonesia). Jurnal Komunikasi dan Media,VOL.4(2),191-194, FEBRUARI 2020. Terarsip di: http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/commed/article/download/1547/1025
Indonesia Podcast, Siapa Pendengar Podcast di Indonesia. (2019 Agustus 15). Diakses pada 12 Februaru 2020
http://indonesiapodcast.com/siapa-pendengar-podcast-di-indonesia/
Podcast, Masa Depan Penyiaran yang Belum Pasaran di Indonesia. (2018 April 01) CNN Indonesia. Diakses pada 12 Februaru 2020
Surveri Laporan Dailysocial Pengguna Layanan Podcast 2018. (2018 Agustus 27) Dailysocial.com. diakses pada 12 Februari 2020
https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-penggunaan-layanan-podcast-2018