Studi Komunikasi Persuasif Anak Vegetarian terhadap Orang Tua Nonvegetarian

Willen Tifvany, Suzy Azeharie
| Abstract views: 135 | views: 93

Abstract

Vegetarian is one of the ways that human can do to start healthy lifestyle. There is process, technique, principle, and factors that supports nor hinders a message to be delivered in persuasive communication. This research is talking about persuasive communication that child to their parents and using communication theory, persuasive communication theory, interpersonal communication theory, lifestyle, and vegetarian. This research is using descriptive qualitative approach and deduction model. This research data is obtained from interview with two key informant and three informant, documentation, and study literature. From this research is known there is a difference in characteristic of interpersonal communication on the process of persuasive communication that key informant number one and key informant number two. Then, on the process of persuasive communication there is a principle of selective exposure, principle of audience participation and principle of inoculation. Besides that, the persuasive communication that vegetarian child do to their parents is using association techniques, integration techniques, reward techniques, structuring techniques, and red-herring techniques. The factors that support or hinder the persuasive communication process of vegetarian child do to their non-vegetarian parents can be viewed in terms of communicators and communicants. Communicators must have confidence and attractiveness in the form of self-confidence while communicants must really understand the communication message conveyed.

Vegetarian merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh manusia untuk memulai gaya hidup sehat. Komunikasi persuasif yang dilakukan anak vegetarian terhadap orang tua nonvegetarian terdapat proses, teknik, prinsip, dan faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat sebuah pesan untuk tersampaikan. Penelitian ini membahas tentang komunikasi persuasif anak vegetarian terhadap orang tua nonvegetarian dan menggunakan teori yang terdiri dari teori komunikasi, teori komunikasi persuasif, teori komunikasi antarpribadi, gaya hidup, dan vegetarian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan model deduksi. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara terhadap dua orang key informan, tiga orang informan, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dari penelitian ini diketahui bahwa proses komunikasi persuasif yang dilakukan key informan satu dan key informan dua memiliki perbedaan karakteristik komunikasi antarpribadi. Kemudian terdapat prinsip pemaparan selektif, prinsip partisipasi khalayak dan prinsip inokulasi dalam proses komunikasi persuasif. Selain itu komunikasi persuasif yang dilakukan anak vegetarian terhadap orang tua nonvegetarian adalah dengan menggunakan teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan, dan teknik red-herring. Kemudian faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat proses komunikasi persuasif anak vegetarian terhadap orang tua nonvegetarian dapat ditinjau dari segi komunikator maupun komunikan. Komunikator harus memiliki kepercayaan dan daya tarik yang berupa rasa percaya diri sementara komunikan harus benar-benar mengerti pesan komunikasi yang disampaikan.

Keywords

interpersonal communication; persuasive communication; vegetarian

Full Text:

PDF

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Dalam Negeri. (2018). Riset: Kesadaran Masyarakat Indonesia akan Kebersihan Masih Rendah. diakses pada tanggal 9 Oktober 2020 pukul 13.18 WIB.

Rejeki, S. (2015). Ya, Saya Vegetarian. Yogyakarta: Familia.

Wati, F. F. (2017, April). Kemampuan Komunikasi Persuasif Pengelola Museum Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal online Kinesik, 4(1), 81-91.

Yuliarti, N. (2008). Pilih Vegetarian atau Non Vegetarian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Copyright (c) 2021 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.