Kepatuhan Masyarakat Pada Komunikasi Persuasif Social Distancing yang Dilakukan Pemerintah di Media Massa Saat Pandemi COVID-19

Main Article Content

Joshua Yonathan
Roswita Oktavianti

Abstract

The Indonesian government, especially Jakarta, has taken various ways to prevent the transmission of the COVID-19 virus, one of which is through persuasive communication. The persuasive communication that is always carried out by the government is washing hands, wearing mask, and maintaining distance. This research will only discuss more about maintaining distance or social distancing. The persuasion of the social distancing movement is carried out by the government in various ways, one of which is through the mass media. Mass media is the official journalistic media, such as radio, newspapers, electronic news, and television. Through this persuasive communication, Jakarta government expects public compliance to jointly break the chain of transmission of COVID-19. Therefore, researchers want to see a picture of public compliance with the persuasive social distancing communication carried out by the government in the mass media during the COVID-19 pandemic. This research is a qualitative research using a case study method in West Jakarta, to be precise in Kalideres sub-district. Data were collected by means of interviews. The result of the research is that there are 2 sources who obey and 2 sources who do not comply with social distancing. The persuasion communication that the government has made through the mass media has reached expectations at a cognitive level. This is evidenced by the good knowledge of the informants about social distancing. However, the affective and behavioral aspects are still not maximally implemented because of the lack of clear sanctions for offenders of social distancing so that people tend to conform because of the ambiguous conditions they experience.

Pemerintah Indonesia, khususnya Jakarta, melakukan berbagai cara untuk mencegah penularan virus COVID-19, salah satunya dengan melakukan komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif yang selalu dilakukan oleh pemerintah adalah gerakan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Penelitian ini hanya akan membahas lebih lanjut tentang gerakan menjaga jarak atau social distancing. Persuasi gerakan social distancingdilakukan pemerintah dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui media massa. Media massa yang dimaksud adalah media jurnalistik resmi, seperti radio, koran, berita elektronik, dan televisi. Melalui komunikasi persuasif ini, tentunya pemerintah mengharapkan kepatuhan masyarakat untuk bersama-sama memutus rantai penularan COVID-19. Maka dari itu, peneliti ingin melihat gambaran kepatuhan masyarakat pada komunikasi persuasif social distancing yang dilakukan pemerintah di media massa saat pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di daerah Jakarta Barat, tepatnya di kecamatan Kalideres. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara. Hasil dari penelitian adalah terdapat 2 narasumber yang patuh dan 2 narasumber yang tidak patuh terhadap social distancing. Komunikasi persuasi yang pemerintah lakukan melalui media massa sudah mencapai harapan pada tingkat kognitif. Hal ini dibuktikan dengan pengetahuan yang baik dari para narasumber tentang social distancing. Akan tetapi, aspek afektif dan behavioral masih belum terlaksana dengan maksimal karena kurangnya sanksi yang jelas bagi pelanggar social distancing sehingga masyarakat cenderung melakukan konformitas karena kondisi ambigu yang dialami.

Article Details

How to Cite
Yonathan, J., & Oktavianti, R. (2021). Kepatuhan Masyarakat Pada Komunikasi Persuasif Social Distancing yang Dilakukan Pemerintah di Media Massa Saat Pandemi COVID-19. Koneksi, 5(2), 399–405. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10392
Section
Articles
Author Biographies

Joshua Yonathan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aronson, Elliot. Timothy D. Wilson, dan Robin Akert. (2010). Social Psychology. Boston: Pearson. ISBN: 978-0-13-814478-4.

Aslam, Fahim. (2020). COVID-19 and Importance of Social Distancing. 10.20944/preprints202004.0078.v1.

Baron & Byrne. (2000). Social Psychology. (9th Edition). Massachusetts: A Pearson Education Company.

Bastable, Susan. (2002). Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip-prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Anggota IKAPI. ISBN 979-448-574-8

CNN Indonesia. (26 September 2020). Jakarta kembali ramai, buntut kebingungan saat PSBB Transisi. Dikutip dari

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200609075650-20-511258/jakarta-kembali-ramai-buntut-kebingungan-saat-psbb-transisi

Fendry, Ponomban. (26 September 2020). Menghadang Covid-19 dengan 3M dan senjata komunitas. Kompas. Dikuto dari

https://regional.kompas.com/read/2020/09/22/12412141/menghadang-covid-19-dengan-3m-dan-senjata-komunitas?page=all

Haryanti, Rosiana. (27 November 2020). Update 27 November 2020: Ada 9.265 Kasus Akfit Covid-19 di Jakarta. Kompas. Dikutip dari

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/11/27/21102761/update-27-november-ada-9265-kasus-aktif-covid-19-di-jakarta

Lova, Cynthia. (26 September 2020). 8 Hal yang perlu diketahui saat PSBB diterapkan Jumat ini. Kompas. Dikutip dari

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/04/08/11390231/8-hal-yang-perlu-diketahui-saat-psbb-diterapkan-jumat-ini?page=all

Putri, Vira V. P. P., et al (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (Eds.). Malang: Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media. ISBN: 6237374779

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Sleman: CV Budi Utama. ISBN 978-602-475-539-3

Santoso, Audrea. (2020). Jokowi didesak keluarkan perppu, Atur sanksi pelanggar Social Distancing. Detiknews. Dikutip dari https://news.detik.com/berita/d-4949338/jokowi-didesak-keluarkan-perppu-atur-sanksi-pelanggar-social-distancing

Suryana, Asep. (2019). Komunikasi Persuasif (Edisi 3). Tangerang: Universitas Terbuka. ISBN 9786023926602.

Titah. (26 September 2020). Polda Metro Jaya gencar bubarkan balap lari liar. Jakarta Info. Dikutip dari

http://www.jktinfo.id/article/polda+metro+jaya+gencar+bubarkan+balap+lari+liar

Umasagi, Ryana Aryadita. (26 September 2020). Terapkan social distancing, PT KAI pasang pembatas jarang penumpang di stasiun. Kompas. Dikutip dari

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/03/19/13482441/terapkan-social-distancing-pt-kai-pasang-pembatas-jarak-penumpang-di

Wiranti, Ayum S., Wulan, K. (2020). Determinan Kepatuhan Masyarakat Kota Depok Terhadap Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Pencegahan Covid-19. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 9 (3). 117-124.

Wiryanto (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo. ISBN 979-732-747-7.

World Health Organization. (2020). Diakses pada tanggal 26 September 2020 dari

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/q-a-coronaviruses

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>