Komunikasi Persuasif Public Speaker Pada Audiens Berbeda Negara (Studi Fenomenologi Master Of Ceremony Pada Audiens China dan Amerika)

Calvin Dion, Roswita Oktavianti

Abstract


Seorang public speaker harus menentukan komunikasi persuasif seperti apa yang akan digunakan pada audiens yang berbeda negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi persuasif public speaker pada audiens berbeda negara. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi persuasif yang dalam penelitian ini membahas tentang tiga faktor yang perlu diperhatikan seorang komunikator yaitu ethos, pathos, dan logos. Peneliti melakukan studi fenomenologi terhadap Master Of Ceremony pada audiens China dan Amerika. Peneliti memperoleh data dengan melakukan observasi, dokumentasi, studi pustaka dan wawancara dengan tiga orang Master Of Ceremony sebagai informan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, seorang komunikator dalam melakukan komunikasi persuasif pada audiens yang berbeda negara terutama audiens dari negara China dan Amerika harus memperhatikan tiga unsur yang penting yaitu ethos, pathos dan  logos seperti penampilan, persiapan, daya tarik emosional, logika, dan pesan yang masuk akal.


Keywords


komunikasi persuasif; public speaker; audiens; Master Of Ceremony

Full Text:

PDF

References


Beebe, Steven A. Susan J. Beebe and Diana K. Ivy. (2010). Communication Principles For A Lifetime. Boston: Allyn& Bacon Publishing.

Creswell W. John. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Effendy, Onong Uchjana. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lucas, S. E. (2007). The Art of Public Speaking. United State: McGraw Hill

McQuail, Denis. (1997). Audience Analysis. London: SAGE Publications, Inc.

Misiak, H.M dan Sexton, V.S. (2005). Psikologi Fenomenologi, Eksistensial, dan Humanistik Suatu Survei Historis. Bandung: Refika Aditama.

Rakhmat, Jalaludin. (2010). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ritonga, Jamiluddin. (2005). Riset Kehumasan. Jakarta: PT Grasindo.

Smith, Mark K. (2009). Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Mirza Media Pustaka.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats