Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi COVID-19

Main Article Content

Nathania Juliani Christy
Roswita Oktavianti

Abstract

Communication between teachers and students is an important aspect in learning process, especially during the COVID-19 Pandemic. The learning process, which usually happens face-to-face in schools, is suddenly forced to shift to online learning at home to prevent the spread of the virus. This study aims to determine whether there is an effect of teacher’s persuasive communication on student’s learning motivation during online learning and how much influence it has. This study uses the theory of persuasive communication principles and the theory of sources of motivation. The researcher uses quantitative method with a survey using 5-level Likert scale questionnaire. The population of this study is students of Methodist Banda Aceh junior high school with a sample of 112 respondents using simple random sampling technique. Based on the results of research, teacher’s persuasive communication does effect on student’s learning motivation during online learning. It was found that the student's learning motivation was influenced about 67.6% by the teacher's persuasive communication, while the remaining 32.4% was influenced by other variables that are not examined in this study.

Komunikasi antara guru dan siswa merupakan aspek penting dalam pembelajaran khususnya saat pandemi COVID-19. Proses belajar yang biasanya terjadi secara tatap muka di sekolah, secara mendadak dipaksa beralih ke pembelajaran secara daring untuk mencegah penyebaran virus corona. Penelitian ini ingin mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring serta seberapa besar pengaruh tersebut. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner online. Populasi dari penelitian ini adalah siswa/i SMP Methodist Banda Aceh dengan sampel yang diambil sebanyak 112 responden dan menggunakan teknik simple random sampling. Dari penelitian ini ditemukan bahwa ditemukan ada pengaruh komunikasi persuasif guru terhadap motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring. Pengaruh tersebut sebesar 67,6%, sementara sisanya 32,4% dipengaruhi oleh variabel- variabel lain.

Article Details

How to Cite
Christy, N. J., & Oktavianti, R. (2021). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Saat Pandemi COVID-19. Koneksi, 5(1), 187–193. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10231
Section
Articles
Author Biographies

Nathania Juliani Christy, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Covid.go.id. (2020). https://covid19.go.id/storage/app/media/Materi%20Edukasi/20200807- pembelajaran-di-masa-covid-19-2.pdf diunduh tanggal 15 September 2020

Damayanti, A., Suprihatini, T., & Pradekso, T. (2013). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa. Interaksi Online, 2(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/2389 diunduh tanggal 16 September 2020

Gusty, dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503 diunduh tanggal 3 Oktober 2020

Karlinda, D. (2013). Teknik Komunikasi Persuasif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta). https://eprints.uny.ac.id/16899/ diunduh tanggal 2 Oktober 2020

Kemendikbud.go.id (2020). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se- mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk- mencegah-penyebaran-covid19 diunduh tanggal 15 September 2020

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Siregar, R. H. (2014). Bentuk dan Teknik Komunikasi Ketua Untuk Meningkatkan Disiplin Mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Kabupaten Deli Serdang(Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara). http://repository.uinsu.ac.id/1705/ diunduh tanggal 2 Oktober 2020

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015).Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(2), 112- 126. http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2942 diunduh tanggal 16 September 2020

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>