Pengaruh Konten Belajar Online E-Module terhadap Tingkat Pemahaman Partisipan

Main Article Content

Ivonne Madlene Christie
Sinta Paramita

Abstract

Improving self-expertise is one of the individual efforts to be able to compete in the professional world. Education is now not only formal in schools, but there are many places that provide learning programs, especially in the digital era. Needs of the expertise to create multiple platforms for individuals to develop and learn like BootUP.ai in Jakarta. This study aims to determine the effect of E-module online learning content on the level of understanding of participants in BootUP.ai. The literature review used in this research is stimulus-organismresponse communication theory, message processing theory, communication media and level of understanding. The approach used in this research is a quantitative approach with descriptive and survey methods. The research was conducted by distributing questionnaires to 67 samples of respondents in the online class BootUP.ai, after which the data obtained were tested for their validity by means of validity and reliability tests. Data processing and analysis techniques in this study used classical regression assumption test using normality test techniques, simple linear regression test, correlation analysis, determination coefficient analysis, and t test. The results showed that there was an influence between the E-module content on the level of understanding of participants in BootUP.ai, with the results of the t test showing the t value of 7.226> 1.997 t table. In addition, the results of the determination coefficient test showed the number 0.437, which means that the E-module content affects 43.7% of the participants' level of understanding 

Meningkatkan keahlian diri merupakan salah satu upaya individu untuk mampu bersaing di dunia professional. Pendidikan kini bukan hanya formal di sekolah, namun sudah banyak wadah yang menyediakan program belajar terutama di era digital. Kebutuhan akan keahlian menciptakan banyak wadah untuk individu berkembang dan belajar seperti BootUP.ai di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten belajar online E-module terhadap tingkat pemahaman partisipan di BootUP.ai. Tinjauan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi stimulus-organisme-respon, teori pemrosesan pesan, media komunikasi dan tingkat pemahaman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan survei. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 67 sampel responden partisipan kelas online BootUP.ai, setelah itu data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi regresi klasik dengan menggunakan 1ebagi uji normalitas, uji regresi linear sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara konten E-module terhadaptingkat pemahaman partisipan di BootUP.ai, dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung 7,226 > 1,997 t tabel. Selain itu juga ditemukan hasil uji koefisien determinasi yang menunjukkan angka 0,437 yang berarti konten E-module mempengaruhi 43,7% tingkat pemahaman partisipan. Kata 

Article Details

How to Cite
Christie, I. M., & Paramita, S. (2021). Pengaruh Konten Belajar Online E-Module terhadap Tingkat Pemahaman Partisipan. Koneksi, 5(2), 223–228. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10249
Section
Articles
Author Biographies

Ivonne Madlene Christie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cetakan kesembilan belas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Engel, J, F., G. Blackwell, dan P.W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Jilid 1.

Jakarta: Binarupa Aksara

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Holmes, David. 2012. Teori Komunikasi, Teknologi dan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hughes, R. W., Chamberland, C., Tremblay, S., & Jones, D. M. (2016). Perceptual motor determinants of auditory-verbal serial short-term memory q. Journal of Memory and Language, 90, 126–146. https://doi.org/10.1016/j.jml.2016.04.006

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>