Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop

Main Article Content

Maria Veronica
Sinta Paramita

Abstract

Penelitian ini membahas tentang eksploitasi yang dilakukan oleh agensi-agensi idola di Korea Selatan terhadap loyalitas penggemar K-Pop dalam hal pembelian album. Hal ini berlaku bagi penggemar musik K-Pop yang mengalami kemajuan teknologi yang dapat mempermudah penyebaran budaya populer sehingga menimbulkan perilaku konsumtif akan hal-hal yang berhubungan dengan idolanya. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi massa, media massa, media baru, budaya populer, loyalitas penggemar dan eksploitasi dalam konteks budaya popular. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Eksploitasi loyalitas penggemar dilakukan oleh agensi-agensi di Korea Selatan dengan cara mengeluarkan dan menjual album dengan beragam versi sehingga menarik minat beli penggemar. Penggemar ini sendiri menyadari bahwa dirinya telah tereksploitasi tetapi keputusan mereka dalam membeli dan mengoleksi album dalam jumlah banyak dikarenakan adanya konsep diri yang timbul karena munculnya identitas sebagai seorang penggemar. Mereka juga mempunyai rasa kepuasaan diri sendiri ketika sudah membeli album dan sebagai bentuk untuk menghargai karya-karya dari idolanya.

Article Details

How to Cite
Veronica, M., & Paramita, S. (2019). Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop. Koneksi, 2(2), 433–440. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3920
Section
Articles
Author Biographies

Maria Veronica, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Hawkins, Del. I; Mothersbaugh, David. L. (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy (Twelfth Edition). New York: McGraw-Hill.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta Bandung.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Purwitasari, Florensia Yunia Dian Isa. (2014). Analisis Fenomenologi Reprentasi Konsep Pria Dalam Iklan Televisi (Studi Pada Iklan Televisi Vaseline Men Wash Moisturizer Versi Naik Motor dan Men’s Biore Versi Main Bola). Universitas Katolik Unika Soegijapranata: Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (http://repository.unika.ac.id/424/3/11.32.0005%20Florensia%20Yunia%20Dian%20Isa%20Purwitasari%20BAB%20II.pdf).

Rukhsal, Syarifah Qurrata Ayyun Kusumaningsih. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Eksploitasi Secara Ekonomi Terhadap Anak Jalanan Dalam Perspektif Hukum Perlindungan Anak (Studi di Kota Malang). Universitas Brawijaya: Fakultas Hukum. (http://hukum.studentjournal.ub.ac.id/index.php/hukum/article/view/989/978).

Setiawan, Rudy. (2013). Kekuatan New Media Dalam Membentuk Budaya Populer di Indonesia (Studi Tentang Menjadi Artis Dadakan Dalam Mengunggah Video Musik Di Youtube). Vol 2. No 1. Universitas Parahyangan: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. (http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/06/Junal%20Rudi%20Ganjil%20(06-01-13-04-50-33).pdf).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

TribunNews. (2018). Hanya Demi Berburu Photocard, Ratusan Album Wanna One Ditemukan Dibuang di Tempat Sampah (http://style.tribunnews.com/2018/07/17/hanya-demi-berburu-photocard-ratusan-album-wanna-one-ditemukan-dibuang-di-tempat-sampah?page=2)

Utami, Lusia Savitri Setyo. (2014). Eksploitasi Seksualitas Dalam Koreografi Di Korean Pop Music Video (Studi Semiotika Pada ‘Marionette’ dan ‘A.D.T.O.Y’). Universitas Tarumanagara: Fakultas Ilmu Komunikasi. (http://repository.untar.ac.id/427/1/1978-4298-1-PB.pdf).

Yusuf, Muri. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>