Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa Skripsi dalam Membangun Motivasi melalui Media Pesan Instan

Main Article Content

Felisitas Aurelia Virginia Dalentang
Roswita Oktavianti

Abstract

The Covid-19 pandemic has caused the learning process to be carried out online, including thesis guidance. There is a change in interpersonal communication between lecturers and students, which previously took place face-to-face, turned into communication through instant messaging media, which affected the motivation of thesis students. This study aims to determine the process of interpersonal communication between lecturers and thesis students through instant messaging media in building motivation. The theory used in this research is the theory of communication, interpersonal communication, motivation, and instant messaging. The researcher uses the case study method, on interpersonal communication between lecturers and thesis students at Tarumanagara University, in West Jakarta. This research shows that interpersonal communication which is done online through message media, cannot build motivation, because through instant messaging media lecturers and thesis students cannot capture verbal and nonverbal reactions directly. Instant messages as a communication medium make it easier for lecturers and students to interact in real-time, but cause delays in students and can cause misunderstandings due to differences in message meaning.

Pandemi Covid-19 menyebabkan proses pembelajaran dilakukan secara daring, tidak terkecuali bimbingan skripsi. Adanya perubahan komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa, yang sebelumnya berlangsung secara tatap muka, berubah menjadi komunikasi melalui media pesan instan, yang berpengaruh kepada motivasi mahasiswa skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa skripsi melalui media pesan instan dalam membangun motivasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi interpersonal, motivasi, dan pesan instan. Peneliti menggunakan metode studi kasus, pada komunikasi interpersonal dosen dan mahasiswa skripsi di Universitas Tarumanagara, di Jakarta Barat. Penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan secara daring melalui media pesan, tidak dapat membangun motivasi, karena melalui media pesan instan dosen dan mahasiswa skripsi tidak dapat menangkap reaksi verbal dan nonverbal secara langsung. Pesan instan sebagai media komunikasi memudahkan dosen dan mahasiswa berinteraksi secara real-time, tetapi menyebabkan sifat menunda pada mahasiswa dan dapat menyebabkan kesalahpahaman akibat adanya perbedaan pemaknaan pesan.

Dimensions

Article Details

How to Cite
Dalentang, F. A. V., & Oktavianti, R. (2022). Komunikasi Interpersonal Dosen dan Mahasiswa Skripsi dalam Membangun Motivasi melalui Media Pesan Instan. Koneksi, 6(1), 126–135. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15492
Section
Articles
Author Biographies

Felisitas Aurelia Virginia Dalentang, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Roswita Oktavianti, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abubakar, F. (2015, April 1). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekommas, 18, 53-62.

DeVito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Larasati, R. P. (2018). Studi Deskriptif Kualitatif Proses Komunikasi Interpersonal Bermedia baru pada Penyandang Difabel Netra melalui Platform Pesan Instan di Komunitas Braille'ant Yogyakarta. Skripsi, 2-209.

Liliweri, A. (2015). Komunikasi Antarpersonal. Jakarta: Prenamedia Group.

Sadirman, A. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Saleh, D. (2016). Penggunaan Instant Messaging Pada Keintiman Hubungan Pacaran Jarak Jauh. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Siswoharjono. (1991). Perspektif Bimbingan Konseling dan Penerapannya di Berbagai Institusi. Semarang : Satya Wacana .

Veronica. (2020). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Awareness Atourin (Studi Melalui Event Virtual Tour Pada Masa Pandemi Covid-19). Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, 24.

Widjaja, R. (2018). Strategi Keberlangsungan Usaha Kedai Kopi Es Tak Kie di Gang Gloria Glodok Jakarta Barat. Culinary Business Department Fakultas Pariwisata.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>