Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Komunikasi Karyawan Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika

Reni Agustin, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 22 | views: 22

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan interaksi antar individu yang tidak bisa dihindari. Iklim komunikasi organisasi tercipta melalui interaksi dan komunikasi antar anggota, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Interaksi ini menimbulkan kepuasan komunikasi yang menjadi tolak ukur lingkungan kerja yang baik. Penelitian ditujukan untuk mengetahui apakah komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kepuasan komunikasi organisasi pada karyawan Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo RI. Peneliti menggunakan konsep komunikasi interpersonal, iklim komunikasi dan kepuasan komunikasi. Pendekatan yang digunakan yakni kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling probability. Populasi sebanyak 320 pegawai, sampel 101 responden. Peneliti menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, Uji T dan Uji F. Hasilnya, komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi organisasi mempengaruhi kepuasan komunikasi, iklim komunikasi berpengaruh signifikan dengan dimensi kejujuran dan mendengarkan komunikasi ke atas sebagai dimensi tertinggi. Terdapat pengaruh komunikasi interpersonal dan iklim komunikasi organisasi terhadap kepuasan komunikasi organisasi.

Keywords

komunikasi interpersonal; iklim komunikasi organisasi; kepuasan komunikasi organisasi

Full Text:

PDF

References

Akdon, Riduwan. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Cetakan I. Bandung: Alfabeta.

Dawn & Hazens. (1971). Juni 21, 2019. A Factor Analytic Study Of Communication Satisfaction. The Journal of Business Communication. https://worldsviewacademy.com/communication-satisfaction-in-the- organisation/

Ghozali, Imam. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.

Gujarati. (2012). Dasar-dasar Ekonometrika. Terjemahan Mangunsong, R.C. Jakarta : Salemba Empat.

Nisfiannoor, Muhammad. (2009). Pendekatan Statistika Modern. Jakarta : Salemba Humanika.

Pace, R. Wayne & Faules, Don F. (2018). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Santonso, Singih. (2012). Aplikasi SPSS pada Statsitik Parametrik. Jakarta : Elex Media Komputindo.

West, Richard & Lynn H Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.