Proses Gatekeeping Portal Media Daring (Studi Kasus pada Media Daring Okezone.com)

Irene Irene, Farid Rusdi
| Abstract views: 48 | views: 35

Abstract

Peoples in the world are in needs of information. Verified information is producted through an long journalistic process. The selecting process of information to get in the media editorial is called gatekeeping. In this era of great technology, medias with network based or online that can be reached by internet connection are taking the hype. The gatekeeping process of every media, especially online media is influenced by various kinds of internal dan external factors. This causes the exact point of journalistic content that produced can be modified. The purpose of this research is to know how the gatekeeping process in an online media is being held. This research is using two models of gatekeepings and hiearchy influence theory to explain whole process of gatekeepings in online media. Case study method is used in this research. The results showed both of the gatekeepings model are applied in the Okezone.com’s gatekeeping process. Internal and external factors are also actively influence the gatekeeping process.

Informasi merupakan kebutuhan setiap masyarakat di dunia. Informasi yang terverifikasi telah melalui sebuah proses jurnalistik yang panjang. Proses penyeleksian informasi untuk masuk dalam redaksional media disebut gatekeeping. Saat ini marak media dalam jaringan atau online yang dapat dijangkau setiap masyarakat dengan koneksi internet. Proses gatekeeping setiap media, khususnya media daring dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal organisasi media. Hal ini memungkinkan adanya pergeseran makna dalam setiap konten jurnalistik yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses gatekeeping dalam sebuah media daring berjalan. Peneliti menggunakan dua model gatekeeping dan teori hirarki pengaruh untuk menjelaskan keseluruhan proses gatekeeping yang berlangsung dalam media daring. Studi kasus peneliti lakukan pada media daring milik MNC Group yaitu Okezone.com. Hasil penelitian ditemukan bahwa kedua model gatekeeping yang digunakan oleh peneliti diterapkan dalam proses gatekeeping Okezone.com. Dalam proses gatekeeping Okezone.com juga menunjukkan adanya faktor internal dan eksternal media yang secara aktif mempengaruhi proses redaksional.

Keywords

Gatekeeping; Hierarchy Influence; Online Media

Full Text:

PDF

References

Effendy, Onong Uchjana. (2007) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, B. Mathew. Huberman, Michael. (1992) Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Nasution. (1992) Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Penerbit Tarsito.

Romly, Asep Syamsul M. (2012) Jurnalistik Online Edisi Kedua: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Shoemaker, Pamela J. Vos, Tim P. (2009) Gatekeeping Theory. London: Taylor & Francis e-Library.

Yin, Robert K. (1996) Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Copyright (c) 2021 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.