Implementasi Bahasa Jurnalistik pada Media Siber (Analisis Wacana pada Berita Okezone.com Kanal Perjalanan)

Main Article Content

Fatha Annisa
Ahmad Junaidi

Abstract

The existence of online media is increasing. Online media is a product of cyber journalism that uses the internet to present news. In the stage of writing and editing news, the use of journalistic language becomes a very important aspect. However, online media often violates the rules of journalistic language. Okezone.com is one of the online media in Indonesia which still makes mistakes in applying journalistic language. This research was conducted to find out the language style of the Okezone.com Travel, analyze the implementation of journalistic language in their news, and find out how the editor handled errors in the application of journalistic language. The theories used include Journalistic Language, News, and Online Media. The research uses a qualitative research approach with discourse analysis research methods. The results show that Okezone.com's style is still guided by journalistic language, even though it is adjusted to the needs of reader segmentation and search engines. Several errors in the application of journalistic language were found in the news published by the Okezone.com Travel in the period 1 - 30 September 2021. News with errors will be withdrawn for correction and editing.

Keberadaan media siber kian menjamur. Jenis media ini merupakan produk cyber journalism yang memanfaatkan internet untuk menyajikan berita. Dalam tahap penulisan dan penyuntingan berita, penggunaan bahasa jurnalistik menjadi aspek yang sangat penting. Kendati demikian, media siber kerap melanggar kaidah bahasa jurnalistik. Okezone.com merupakan salah satu media siber di Indonesia yang masih melakukan kesalahan penerapan bahasa jurnalistik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gaya bahasa media siber Okezone.com kanal perjalanan, menganalisis pengimplementasian bahasa jurnalistik pada berita yang ditayangkan, serta mengetahui cara redaksi menangani kesalahan dalam penerapan bahasa jurnalistik. Teori yang digunakan diantaranya bahasa jurnalistik, berita, dan media siber. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian analisis wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kanal perjalanan Okezone.com tetap berpedoman pada bahasa jurnalistik, meskipun gaya bahasanya disesuaikan dengan kebutuhan segmentasi pembaca serta mesin pencari. Beberapa kesalahan penerapan bahasa jurnalistik ditemukan dalam berita yang diterbitkan kanal perjalanan Okezone.com dalam rentang waktu 1 - 30 September 2021. Berita yang memiliki kesalahan akan ditarik kembali untuk diralat dan disunting.

Article Details

How to Cite
Annisa, F., & Junaidi, A. (2022). Implementasi Bahasa Jurnalistik pada Media Siber (Analisis Wacana pada Berita Okezone.com Kanal Perjalanan). Koneksi, 6(1), 101–109. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15471
Section
Articles
Author Biographies

Fatha Annisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alexa.com. (n.d.). Top Sites in Indonesia. Retrieved from Alexa.com website: https://www.alexa.com/topsites/countries/ID

Aryusmar. (2011). Karakteristik Bahasa Jurnalistik dan Penerapannya pada Media Cetak. HUMANIORA, 2(2), 1209–1218. https://doi.org/https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i2.3172

Chaer, A. (2010). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Eriyanto. (2006). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: Lkis.

Fadilah, N., & Mony, H. (2020). Penerapan Bahasa Indonesia Jurnalistik di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 1–19. Retrieved from http://jurnal.usahid.ac.id/index.php/ilmu_komunikasi/article/view/297/265

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pebrianto, F. (2021). Bisnis Media MNC, Hary Tanoe Sebut Jumlah Pemirsa TV Meningkat Sangat Luar Biasa. Retrieved from Tempo website: https://bisnis.tempo.co/read/1430838/bisnis-media-mnc-hary-tanoe-sebut-jumlah-pemirsa-tv-meningkat-sangat-luar-biasa/full&view=ok

Pers, D. (n.d.). Data Perusahaan Pers. Retrieved from https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers%09

Romli, A. S. M. (2020). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Silalahi, R. Y., & Susanto, E. H. (2020). Penerapan Kode Etik Jurnalistik Media Online Tribunnews dan Efek Pemberitaan pada Pembacanya. Koneksi, 4(2), 293–300. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8144

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumadiria, A. S. H. (2006). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sumadiria, A. S. H. (2018). Bahasa Jurnalistik: Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Yundri, S., & Nasution, B. (2018). Implementasi Bahasa Jurnalistik Pada Pemberitaan Hukum Dan Kriminal Portal Berita Www.goriau.com. JOM FISIP, 5(1), 1–7. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/207121-none.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>