Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pada Pemberitaan Covid-19 di Okezone.com Periode Agustus 2020

Main Article Content

Vania Halim
Riris Loisa

Abstract

Covid-19 was first known in Wuhan, China in December 2019. The virus that attacks the respiratory system began to enter Indonesia in early March 2020. This virus is a new phenomenon in the world and takes many lives and must be broadcast so that the public continues to know the condition. current, educated and receive the information received in full. The formulations of the problems to be achieved include 1) how the Okezone.com editorial team spreads the news referred to from the Journalistic Code of Ethics on Covid-19 news, 2) how the Okezone.com editorial publishes news according to the 5W + 1H news elements in covid-19 news. The purpose of the research carried out by the author is to explain how Okezone.com implements 5W + 1H in Covid-19 news which is applied from a journalistic code of ethics. The theory taken for the research is online journalism, online media, and mass communication. Based on the content analysis in this study, the authors conclude that the Okezone editorial team makes news according to facts from the place of the event or from the source, everyone has the same rights in the news, besides writing news there is no coercion and other people's interference, no opinion. journalist personal. The Okezone editorial team always ensures that the news to be disseminated must contain 5W + 1H news elements. The 5W + 1H elements are usually placed in the opening paragraph and body of the news.

Covid-19 dikenal pertama kali di Wuhan, Tiongkok pada bulan Desember 2019. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini mulai masuk ke Indonesia pada awal Maret 2020. Virus ini merupakan fenomena baru di dunia dan memakan banyak korban jiwa harus terus disiarkan agar masyarakat terus mengetahui kondisi terkini, teredukasi serta menerima informasi yang diterima secara utuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain 1) bagaimana redaksi Okezone.com menyebarkan berita yang dirujuk dari Kode Etik Jurnalistik pada pemberitaan covid-19, 2) bagaimana redaksi Okezone.com mempublikasikan berita sesuai unsur berita 5W+1H dalam berita covid-19. Tujuan dari penelitian yang dikerjakan oleh penulis yaitu untuk menjelaskan cara Okezone.com menerapkan 5W+1H dalam berita Covid-19 yang diaplikasikan dari kode etik jurnalistik. Teori yang diambil untuk penelitian ialah jurnalistik online, media online, dan komunikasi massa. Penulis menggunakan pendekatan campuran dan metode analisis isi. Berdasarkan dari analisis isi dalam penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa redaksi Okezone membuat berita sesuai fakta yang dari tempat peristiwa atau dari narasumber, setiap orang memiliki hak yang sama dalam berita, selain itu penulisan berita tidak ada paksaan dan campur tangan orang lain, tidak ada opini pribadi jurnalis. Redaksi Okezone senantiasa memastikan bahwa berita yang akan disebarkan harus berisi unsur berita 5W+1H.

Article Details

How to Cite
Halim, V., & Loisa, R. (2021). Penerapan Kode Etik Jurnalistik Pada Pemberitaan Covid-19 di Okezone.com Periode Agustus 2020. Koneksi, 5(2), 372–380. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10382
Section
Articles
Author Biographies

Vania Halim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Agisti, K. (2020). Peran Jurnalis Dalam Mewartakan Berita Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Masa Pandemi Virus Corona Di Indonesia. El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. https://ojs.staibanisaleh.ac.id/index.php/ElBanar/article/view/41.

APJII. (2018). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018.

Christi, H. E. (2020). Analisis Kode Etik Jurnalistik Pemberitaan Keberagaman di Media Online. 14-21.

Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenamedia Group https://books.google.co.id/books?id=bLo-DwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=analisis+isi+eriyanto+2015&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwichZz-m8XtAhXCqksFHZ9QBlQQ6AEwAHoECAIQAg#v=onepage&q&f=true.

Hutami, M. F., & Sjafirah, N. A. (2018). Framing Media Online Tribunnews.com Terhadap Sosok Perempuan Dalam Berita Video Pornogtafi Depok. http://jurnal.unpad.ac.id/kajian-jurnalisme.

Juditha, C. (2016). Obyektivitas Berita dan Etika Jurnalistik di Media Online: Kasus Rekrutmen Karyawan BUMN. Jurnal Pekommas : https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/2010101/pdf_11, 1-12.

Kominfo. (2018). 100 Portal Berita Online Terverifikasi.

Lavenia. (2020). Pemberitaan Kasus PT PLN (Persero) di Media Siber dan Penerapan Kode Etik Jurnalistik (Analisis Framing Pemberitaan Blackout Listrik 4 Agustus 2019 di Okezone.com). Koneksi. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/6493, 506-513.

Listiyoningsih, R. (2020). Representasi Perempuan Dalam Pemberitaan Pramugari Cantik Lion Air JT-610 (Analisis Wacana Sara Milis di Lima Portal Media: sindonews.com, okezone.com, detik.com, tribunnews.com, viva.co.id).

Muslimin, K. (2019). Jurnalistik Dasar : Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial. 1-10.

Pers, D. (2011). Kode Etik Jurnalistik. https://dewanpers.or.id/kebijakan/peraturan.

Syahida, A. K. (2018). Strategi Pemberitaan Tribunsolo.com Dalam Menghadapi Persaingan Media Online.

WHO. (2019). https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public.

Winarni, & Lestari, R. D. (2019). Sumber Berita Netizen dalam Perspektif Etika Jurnalistik (Studi Kasus pada Media Online Jogja.tribunnews.com). Jurnal Pekommas : https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/pekommas/article/view/2040109, 85-96.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>