Analisis Gaya Komunikasi Kepemimpinan Kharismatik (Kepemimpinan Dewa Osiris dalam film “God of Egypt”)
Main Article Content
Abstract
Pemimpin, peran yang mempunyai pengaruh dalam organisasi maupun suatu negara. Tidak ada negara tanpa kepemimpinan. Pemimpin adalah elemen paling penting dalam negara. Terdapat banyak sekali pengertian dan konsep mengenai gaya kepemimpinan, tergantung bagaimana pemimpin memperdalam konsep tersebut. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana gaya komunikasi kepemimpinan kharismatik?. Penelitian ini menggunakan pendekatan naratif, dianalisis dengan teori komunikasi organisasi, gaya kepemimpinan. Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis adalah mengetahui gaya komunikasi kepemimpinan kharismatik Dewa Osiris dalam film “God of Egypt”. Objek penelitian adalah gaya komunikasi kepemimpinan kharismatik Dewa Osiris dalam film “God of Egypt”. Osiris menganut 2 gaya komunikasi yang berbeda, yaitu komunikasi aristokrasi dan komunikasi egaliter. Kedua gaya komunikasi tersebut berjalan secara berkesinambungan dalam kepemimpinan Osiris sebagai raja Mesir.
Article Details
References
Ardianto, Elvinaro. (2014). Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Black, Jonathan. (2007). The Secret History of the World. Jakarta: PT. Pustaka Alvabert
Bungin, M. Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana
D. Ruben, Brent And Lea P Steward. (1998) Comunication And Human Behavior. USA: Allyn And Bacon
Daft, Richard L. (2007). The Leadership Experience Fourth Edition.
Eriyanto. (2013). Analisis Naratif: Dasar-dasar Penerapan dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Gahlin, Lucia. (2014). Egypt: Gods, Myths, and Religion. London: Annes Publishing
https://bbfc.co.uk/releases/gods-egypt-film
https://web.archive.org/web/20151203022231/http://www.godsofegypt.movie/story
https://www.kompasiana.com/melinanurins8/580cea24927e611c2a8c4b3f/krisis-kepemimpinan-di-indonesia
J. R. Raco. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Mohammad, Nazir. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Jakarta: Kencana
Muhammad, Arni. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Muhammad, Arni. (2011). Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurjaman, Kadar dan Umam, Khaerul. (2012). Komunikasi dan Public Relations. Bandung:Pustaka Setia.
Pace, R. Wayne dan Faules, Don F. (2010). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Pratista, Himawan. (2008). Memahami Film. Yogjakarta: Homerian Pustaka
Richard, Arneson. (2002). "Egalitarianism", The Stanford Encyclopedia of Philosophy. London
Rivai, Veithzal. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shaw, Garry. (2012). The Pharaoh: Life at Court and on Campaign. New York: Thames & Hudson
Soetopo, Hendyat. (2012). Perilaku Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Stogdill, Ralph. (1974). Handbook of Leadership. New York: The Free Press
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sutikno, Sobry M. (2014). Pemimpin dan Gaya Kepemimpinan. Lombok: Holistica
Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip dan Operasionalnya. Tulungagung: Akademia Pustaka
Wasson, Ellis. (2006). Aristocracy in the Modern World. London: Palgrave Macmillan West, Richard & Lynn H Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika
Wirawan (2013). Kepemimpinan : Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada