Representasi Gay Melalui Penggunaan Warna (Analisis Semiotika Video Klip Color Mnek)

Ladya Lieggiana Agnes, Riris Loisa

Abstract


Video klip merupakan media yang dengan mudah memberi pengaruh atau menyalurkan pesan-pesan ideologis kepada khalayak. Video sering digunakan sebagai alat untuk mengkonstruksi isu-isu salah satunya isu mengenai Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Penelitian ini membahas mengenai representasi gay melalui penggunaan warna dalam video klip “Color” MNEK. Penelitian ini menggunakan beberapa teori, diantaranya teori representasi, video klip, warna, gender, budaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan pembahasan yang mendalam mengenai objek yang diteliti, dengan menggunakan analisis Semiotika Jacques Derrida yang merupakan metode pembongkaran suatu pemikiran rasional. Dalam melakukan penelitian ini, penulis melakukan screenshoot pada beberapa scene video klip Color MNEK yang menunjukkan representasi gay lewat penggunaan warna. Dapat ditarik kesimpulan bahwa warna merepresentasikan kaum gay melalui makna yang sengaja dibangun oleh kaum gay berdasarkan sifat warna tersebut yaitu merah muda terang mewakili seksualitas, merah mewakili kehidupan, orange penyembuhan, kuning keajaiban, hijau alam, turquoise keajaiban, indigo ketenangan dan ungu semangat. Warna-warna tersebut diadopsi oleh kaum gay untuk menunjukkan bahwa keberadaan kaum gay menjadi pelengkap yang menunjukkan adanya keberagaman dalam sosial masyarakat.


Keywords


representasi; warna; gay; budaya; Semiotika; Color MNEK

Full Text:

PDF

References


Christany, J. (2013). Realitas Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) Dalam Majalah. Jurnal Komunikasi, 06,3. 25.

Go, F. P. (2013). Representasi Stereotipe Perempuan dalam Film BRAVE. Jurnal Komunikasi, 01,2. 2.

McQuail, D. (2012). Teori Komunikasi Massa McQuail. Jakarta: Salemba Humanika.

Moelong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mukarom, Z. (2008). Perempuan dan Politik, Studi Komunikasi Politik tentang Keterwakilan Perempuan di Legislatif. Jurnal Komunikasi Politik, 9,2. 258.

Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nugroho, E. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi Publisher.

Omara, A. (2004). Perempuan, Budaya Patriarki dan Representasi. Mimbar Hukum, 149.

Paramita, S., & Chaniago, A. Z. (2017). Representasi Identitas Tomboy Pada Film Inside Out. Jurnal Komunikasi, 11,02 474-479.

Ruslan, R. (2008). Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Turiman. (2015). Metode Semiotika Hukum Jaques Derrida Membongkar Gambar Lambang Negara Indonesia. Jurnal Hukum, 310-317.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats