Analisis Strategi Pemberitaan Media Alternatif untuk Isu-Isu Berkaitan Dengan Kekerasan Pada Perempuan (Studi Kasus Magdalene Sebagai Media Online)

Della Resita, Ahmad Junaidi

Abstract


Media online dibagi menjadi media mainstream dan media alternatif. Media alternatif memiliki perbedaan dengan media mainstream. Media alternatif cenderung bersifat non-comercial dan bertujuan melawan hegemoni serta membela kaum minoritas. Salah satu media alternatif adalah Magdalene. Magdalene merupakan media online yang membahas mengenai isu perempuan, LGBT, kesetaraan, relationship, dating, dsb. Magdalene banyak melakukan kritik terhadap media yang menggunakan kalimat maupun bahasa yang seksis dalam melakukan pemberitaan. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana strategi Magdalene sebagai media alternatif terhadap isu kekerasan terhadap perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Magdalene sebagai media alternatif dan objek penelitian adalah strategi pemberitaan yang dilakukan oleh Magdalene. Peneliti melakukan wawancara kepada para informan dan studi kepustakaan. Penelitian menunjukkan bahwa Magdalene melakukan strategi pemberitaan dengan cara membuat konten yang beragam dengan selalu memperbaharui konten, menampilkan tampilan website yang lebih menarik, penggunaan bahasa populer agar pembaca jadi lebih tertarik untuk membaca. Magdalene juga melakukan branding kepada lembaga luar agar lebih dikenal dan melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik pembaca.


Keywords


media online; media alternatif; strategi pemberitaan

Full Text:

PDF

References


Alexander Aprita Ermando Drajad / Yohanes Widodo. (2014). Verifikasi Pemberitaan Media Online (Studi Kasus Proses Penerapan Pedoman Pemberitaan Media Siber Pemberitaan Florence Sihombing di Detik.com dan Kompas.com Periode Agustus – September 2014). E-Journal UAJY. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 15

Ayu Erivah Rossy dan Umaimah Wahid. Analisis Isi Kekerasan Seksual Dalam Pemberitaan Media Online Detik.Com, Jurnal Komunikasi. Universitas Budi Luhur

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiara Hatika. (2018). Strategi Pemberitaan (Lkbn) Antara Biro Riau Dalam Menghadapi Persaingan Dengan Media Online. E-Journal Uajy. Universitas Riau, Pekan Baru, 13

Rini Darmastuti. Media Alternatif, Masa Depan Media Indonesia. Repository. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, 18

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Elfabeta.

Sujarweni. V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian (lengkap,praktis dan mudah dipahami). Yogyakarta: Pustakabarupress




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats