Analisis Framing Pemberitaan LGBT pada Website Media SEJUK Edisi Januari 2019

Valentika Valentika, Septia Winduwati
| Abstract views: 23 | views: 20

Abstract

Penelitian ini meneliti mengenai analisis framing pemberitaan isu-isu LGBT edisi bulan Januari 2019 pada media SEJUK. LGBT memang masih menjadi hal tabu di kalangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deksriptif, strategi penelitian analisis framing, objek dan subjeknya berasal dari artikel media SEJUK, dan wawancara. Dalam artikel yang dipilih terdapat pro dan kontra antara media sampai pada gereja dalam menerima komunitas LGBT. Dengan menggunakan konsep analisis framing Robert N. Entman untuk dapat terlihat bagaimana media SEJUK membingkai pemberitaan tersebut. Hasil penelitian ini adalah secara garis besar, dalam pembingkaiannya media SEJUK ingin memberikan ruang yang berimbang untuk membuat publik mendengar suara alternatif dari yang tidak toleran dan menghargai.

Keywords

Komunikasi Massa; Media Alternatif; Konstruksi Realitas Media; Analisis Framing; Metodologi Kualitatif; media SEJUK; LGBT; Robert N. Entman

Full Text:

PDF

References

Adiputra, Wisnu Martha. (2012). Media Baru : Studi Teoritis Dan Telaah Dari Perspektif Politik dan Sosiokultural. Buku I. Yogyakarta: Fisipol UGM.

Alex, Sobur. (2012). Analisis Teks Media. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro, dkk. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Biagi, Shirley. (2010). Media/Impact : Pengantar Media Massa. Jakarta : Salemba Humanika.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.

Eriyanto (2011). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LkiS.

Gunawan, Imam (2014). Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Romli, Khomsarial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta:Grasindo.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.