Strategi Komunikasi Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Krisis Iklim

Main Article Content

Ahmad Junaidi
Budi Syaifurahman

Abstract

Indonesia is experiencing environmental problems such as air pollution, illegal logging, waste, that cause natural damage. There have been many social media campaigns for the declaration of "Indonesia's Climate Crisis Emergency." The Instagram account @extinctionrebellion.id is an initiative of an activist movement that focuses on the issue of the climate crisis. Instagram is the object of research because there are more social media users than on other social media. The features found on Instagram provide a good understanding and are accessible for the public to digest to help @extinctionrebellion.id achieve its goals. This study aims to know how communication strategy of the XR Indonesia is using Instagram as a social media in campaigning for the climate crisis issue to increase public awareness. By using qualitative research methods, researchers use the concept of persuasive communication and the Elaboration Likelihood (ELM). Data collection techniques are observation, interviews, documentation, and literature study. The results showed that the features available on Instagram facilitate the delivery of messages on central and peripheral lines. The central line is carried out by reporting the latest information and discussion activities on social media. Meanwhile, peripherals are carried out by presenting content with visual power and organizing exciting events. Thus, this research supports the ELM theory.


Indonesia saat ini sedang mengalami permasalahan lingkungan seperti polusi udara, penebangan liar, limbah sampah, dan hal lain yang menyebabkan kerusakan alam. Banyak organisasi nirlaba mengkampanyekan deklarasi “Indonesia Darurat Krisis Iklim”, termasuk XR Indonesia melalui akun instagram @extinctionrebellion.id. Fitur-fitur yang terdapat pada Instagram dimanfaatkan untuk memberikan pemahaman yang baik dan mudah untuk dicerna oleh masyarakat agar dapat membantu @extinctionrebellion.id dalam mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi XR Indonesia dalam penggunaan Instagram sebagai media sosial dalam mengkampanyekan isu krisis iklim untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, peneliti menggunakan konsep komunikasi persuasif dan Elaboration Likelihood Model (ELM). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur yang tersedia di Instagram memudahkan penyampaian pesan pada jalur sentral dan periferal. Jalur sentral dilakukan dengan pemberitaan informasi terkini dan kegiatan diskusi pada media social. Sementara itu, periferal dilakukan dengan cara menyajikan konten dengan kekuatan visual dan menyelenggarakan event-event yang menarik. Dengan demikian penelitian ini mendukung adanya teori ELM.

Article Details

How to Cite
Junaidi, A., & Syaifurahman, B. (2022). Strategi Komunikasi Penggunaan Instagram dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Krisis Iklim. Koneksi, 6(2), 416–423. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15795
Section
Articles

References

roto, H.D.F. (2016). Stres pada mahasiswa penulis skripsi (studi kasus pada salah satu mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Sanata Dharma). (Skripsi). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Hendri, E. M. (2019). Komunikasi Persuasif, Pendekatan dan Strategi (A. Holid, Ed.). PT. Remaja Rosda Karya.

Nasrullah, R. M. (2017). Media Sosial, Prespektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi (N. S. Nurbaya, Ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Buku Pendidikan Deepublish.

Sudarman, Asep. (2018). Strategi Komunikasi untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. Bandung

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>