Pemberitaan Kasus Tindak Upaya Bunuh Diri di Media Siber Tahun 2018 (Studi Kasus Pedoman Peliputan Bunuh Diri oleh Dewan Pers)

Laras Chandra Kencana, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 37 | views: 26

Abstract

Perkembangan media siber di Indonesia membuat rawannya tindak praktik penerapan kode etik jurnalistik oleh wartawan media siber. Pemberitaan yang diliput pun beragam, termasuk di dalamnya kasus tindak upaya bunuh diri. Pengetahuan masyarakat Indonesia tentang kesehatan mental terancam oleh pemberitaan wartawan yang terlalu detail dan terbuka. Dewan Pers sebagai lembaga khusus yang memiliki fungsi dan tanggung jawab mengawasi pers Indonesia, turut serta dalam pembatasan pemberitaan bunuh diri di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan gabungan dan menggunakan model studi kasus, metode analisis isi serta wawancara. Adapun sumber data primer dan sekunder penulis dapatkan dari wawancara, studi pustaka dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori efek komunikasi massa. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, penulis menemukan lima belas berita terkait pemberitaan tindak upaya bunuh diri yang belum mengikuti asas-asas Kode Etik Jurnalistik yang dapat menimbulkan efek behavioral berupa copycat suicide. Dewan Pers serta wartawan Indonesia diharapkan dapat terus mengawasi kesehatan pers serta menjalankan pedoman pemberitaan terkait tindak upaya bunuh diri.

Keywords

pedoman pemberitaan tindak upaya bunuh diri; prinsip jurnalisme; media siber

Full Text:

PDF

References

Ambardhi, Kushkrido. 2017. Kualitas Jurnalisme Publik di Media Online: Kasus Indonesia. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press.

Ardianto, Komala, dan Karlinah. 2010. Komunikasi Massa (Suatu Pengantar). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media group.

McQuail, Denis. 1992. Media Performance: Mass Communication and the Public Interest. London: SAGE.

Romli, Asep Syamsul M. 2018. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Romli, Khomsahrial. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: PT Grasindo.

Susanto, E. Haryanto. 2018. Komunikasi Manusia: T eori dan Praktek dalam Penyampaian Gagasan. Yogyakarta: Mitra wacana Media.

Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.