Aktualisasi Diri Generasi Milenial Melalui Aplikasi Tiktok

Main Article Content

Putri Micella Pellondou
Farid Rusdi

Abstract

Self-actualization is a person's desire to use all of his abilities to achieve whatever they want and can be done by developing the potential that exists within an individual. Self-actualization of an individual can be formed from the surrounding environment and various kinds of increasingly advanced technological developments. In this digital era, it is encouraging millennials to use social media as a platform to actualize themselves and one of them is Tiktok. Tiktok Tiktok is a social media that accompanies videos or images with various types of music. The research method used in this research is qualitative with data collection techniques in the form of interviews and documentation. The results of the study indicate that the use of one's social media in building the expected self-image in social media uses the Dramaturgy theory of American sociologist Erving Goffman.

Aktualisasi diri adalah keinginan seseorang untuk menggunakan semua kemampuan dirinya untuk mencapai apapun yang mereka mau dan bisa dilakukan dengan mengembangkan potensi yang ada di dalam diri seorang individu. Aktualisasi diri seorang individu dapat terbentuk dari lingkungan sekitar dan berbagai macam perkembangan teknologi yang semakin maju. Di jaman yang sudah serba digital ini mendorong generasi millenial dalam menggunakan media sosial sebagai platform untuk mengaktualisasi diri mereka dan salah satunya adalah Tiktok. Tiktok Tiktok merupakan media sosial yang mengiringi video atau gambar dengan berbagai jenis music. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sosial media seseorang dalam membangun citra diri (image) yang di harapkan dalam sosial media dengan menggunakan teori Dramaturgi dari sosiolog Amerika Erving Goffman.

Article Details

How to Cite
Pellondou, P. M., & Rusdi, F. (2021). Aktualisasi Diri Generasi Milenial Melalui Aplikasi Tiktok. Koneksi, 5(2), 387–392. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10388
Section
Articles
Author Biographies

Putri Micella Pellondou, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amirullah, N. (2017). Penggunaan Instagram Sebagai Media Aktualisasi Diri Komunitas Miniatur Figur Indonesia di Balikpapan.

Kholisotin, U. (2015). Penikahan Dini Di Dusun Palu Desa Karang Pinang Kecamatan Kembang Kabupaten Bojonegoro: Tinjauan Dramaturgi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Kurniawan, I. (2018). Gambaran Aktualisasi Diri Penyandang Disabilitas Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Maemona, R., & Pratiwi, M. R. (2020). TEKNIK ASOSIASI: STRATEGI PESAN DAKWAH DI INSTRAGRAM. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 254-268.

Mamari, R. L. P. (2017). Studi Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Standar Bina Marga Pada Ruas Jalan Sentani-Warumbain KM 41+ 000-KM 61+ 000 (20 KM) (Doctoral dissertation, ITN MALANG).

Melati, M. (2015). Analisis Konsep Dramaturgi Erving Goffman Dalam Pola Penggunaan Ruang Publik Kafe Oleh Mahasiswa di Kota Surakarta. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 5(2), 163552.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>