Analisis Perilaku Pengguna Media Sosial (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja)

Main Article Content

Viviani Kembar Lestari
Farid Rusdi

Abstract

Media sosial banyak digunakan oleh mahasiswa untuk kegiatan berkomunikasi dan bersosialisasi. Dalam penggunaan media sosial membawa dampak baru yang berpengaruh pada perubahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sikap mahasiswa pengguna aktif media sosial dalam berinteraksi sosial. Penelitian ini menggunakan beberapa teori, antara lain teori komunikasi, teori media sosial, teori sikap dan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penulis melakukan wawancara, observasi, dan penelusuran data online serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini didapat bagaimana sikap mahasiswa sebagai pengguna aktif media sosial. Dilihat dari cara berkomunikasi dan berinteraksi mahasiswa pada saat sebelum menggunakan media sosial dan sesudah menggunakan media sosial. Sebelum menggunakan media sosial kegiatan komunikasi dominan dilakukan secara tatap muka atau secara langsung. Sebelum menggunakan media sosial juga dianggap kurang praktis untuk melakukan penyebaran pesan atau informasi ke banyak orang. Namun setelah menggunakan media sosial mahasiswa dapat dimudahkan dalam hal mendukung kegiatan perkuliahan. Tetapi di sisi lain penggunaan media sosial oleh mahasiswa dapat menimbulkan sikap tidak peduli dengan lingkungan sekitar, sikap boros, mahasiswa menjadi pemalas dan bahkan dapat juga menyebabkan kecemburuan sosial.

Article Details

How to Cite
Lestari, V. K., & Rusdi, F. (2018). Analisis Perilaku Pengguna Media Sosial (Studi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja). Koneksi, 1(2), 588–593. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2046
Section
Articles

References

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nazir, Moh. (2011). Metodologi Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Rakhmat, Jalaluddin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>