Analisis Resepsi Mengenai Kritik Sosial dalam Komik Online (Studi Deskriptif Pemaknaan Pembaca Line Webtoon 304th Study Room Tentang Bullying dalam Dunia Pendidikan)

Rani Febriyani, Farid Rusdi, Septia Winduwati
| Abstract views: 322

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kritik sosial yang dimuat dalam komik. Komik Online, 304th Study Room keluaran dari Line Webtoon adalah salah satu komik yang mengkritik pemerintahan di Indonesia terutama tentang masalah pendidikan. Dengan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan resepsi pembaca terhadap kritik yang diutarakan creator 304th Study Room. Metode yang digunakan yaitu analisis encoding-decoding dari Stuart Hall, dengan jenis penelitian kualitatif yang berfokus pada resepsi pembaca. Data diperoleh dari hasil wawancara terhadap informan dari kalangan siswi SMA/K dan mahasiwa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua informan berada pada hegemoni dominan yaitu menyetujui komik 304th Study Room sangat mengkritik dalam kasus bullying atau penindasan di sekolah. Dua informan ada pada posisi negosiasi yaitu menyetujui komik tersebut sangat mengkritik tetapi di kehidupan nyata sangat jarang ditemui. Satu informan berada pada posisi oposisi yaitu menolak kritik tersebut karena komik bersifat hiburan. Latar belakang informan menjadi sangat berpengaruh karena menimbulkan makna yang berbeda tentang komik 304th Study Room.

Keywords

Kritik Sosial, Analisis Resepsi, 304th Study Room

References

https://webtoon.com/id/drama/304th-study-room/list?title_no=617&page=1

Mc-Quail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa McQuail Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2014). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rakhmat, Jalaluddin. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Toni, Ahmad, & Fajariko, Dwi. (2017). Studi Resepsi Mahasiswa Broadcasting Universitas Mercu Buana Pada Film Journalism “Kill The Messenger. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Tahun 2017, Vol 02. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Winduwati, Septia. (2016). Komik Parodi Sebagai Sarana Kritik Sosial (Studi Semotikan Saussure Pada Komik Line Webtoon Super Santai). Dalam: Komunikasi, Media, dan Dinamika Sosial.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.