Representasi Standar Kecantikan Wanita di Media Sosial Instagram @springsummerstyle

Main Article Content

Giorgiana Garcia
Septia Winduwati

Abstract

In this modern age, Instagram is used as a platform to convey messages about female beauty ideals.These messages are conveyed through visual imagery. The Instagram account @Springsummerstyle visualizes the ideal representation of female beauty. This survey questions the depiction of beauty on the @Springsummerstyle Instagram account. In the midst of this phenomenon, the media is offering beauty standards with a physical beauty orientation. This work uses a text analysis approach with Roland Barthes' semiotic concepts, including signifiers, meanings and mythological meanings, to define signs in @Springsummerstyle download. The data collection techniques used by the authors are interviews and documentation. Using a qualitative approach, this study shows how @Springsummerstyle presents standards of beauty. That is, a woman should have an ideal height and figure: slim, flat stomach, not fat, etc.


Di zaman modern ini, Instagram digunakan sebagai platform untuk menyampaikan pesan tentang standar kecantikan wanita. Pesan-pesan ini disampaikan melalui gambar visual. Representasi kecantikan ideal perempuan divisualisasikan oleh akun Instagram @Springsummerstyle. Penelitian ini menyoal representasi kecantikan pada akun Instagram @Springsummerstyle. Di tengah fenomena tersebut, media menawarkan standar kecantikan dengan orientasi kecantikan fisik. Karya ini menggunakan pendekatan analitik tekstual dengan konsep semiotik Roland Barthes yang mencakup penanda, makna, dan makna mitos untuk mendefinisikan karakter dalam unggahan @Springsummerstyle. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara dan juga dokumentasi. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menampilkan bagaimana @Springsummerstyle menampilkan standar kecantikan yaitu bahwa wanita harus memiliki tinggi dan bentuk tubuh yang ideal, yaitu ramping, perut rata, tidak berlemak, dan lainnya.

Article Details

How to Cite
Garcia, G., & Winduwati, S. (2023). Representasi Standar Kecantikan Wanita di Media Sosial Instagram @springsummerstyle. Koneksi, 7(1), 248–255. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21313
Section
Articles

References

Arif, M. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes (Pemaknaan Kata Tarkerat Dalam Surat Al-Jin 16). Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 9(9), 131–140. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i2.1842

Farleni, & Widayatmoko. (2016). Peran Public Reations Kepolisian Republik Indonesia Melalui Media Relations Dalam Membangun Citra Yang Lebih Baik. Jurnal Komunikasi, 10(10), 13–21. https://doi.org/10.24912/jk.v6i1.21

Julian, R. (2016). Mitos Kecantikan Dalam Cerpen-Cerpen Dwi Ratih Ramadhany. Jurnal Poetika, 4(4), 52–59. https://doi.org/10.22146/poetika.v4i1.13315

Mahanani, M. P., Laraswati, D., Salsadilla, R., Nabilah, H., & Wibowo, H. (2021). Pelatihan Konsep Diri Remaja Putri Untuk Membangun Pemahaman Tentang Standar Kecantikan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 449–456. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i3.28134

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Komunikasi, 2(2), 177–180. Retrieved from https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143/88

Purnama Sari, W. (2016). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi, 4(4), 199–204. https://doi.org/10.24912/jk.v7i2.18

Rohmaniah, A. F., & Semarang, W. U. (2021). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(6), 124–131. Retrieved from https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/308/215

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>