Persepsi Masyarakat Betawi Terhadap Fenomena Ondel-Ondel Ngamen

Main Article Content

Iren Chienita
Eko Harry Susanto
Septia Winduwati

Abstract

Ondel-ondel selain sebagai ikon budaya Betawi, sejak dahulu digunakan dan dipercaya sebagai penolak bala dalam ritual adat Betawi. Namun, kini muncul fenomena Ondel-ondel ngamen di tengah masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Betawi terkait fenomena Ondel-ondel ngamen yang dilihat dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi dalam teori komunikasi dan teori budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara mendalam, studi pustaka dan juga penelusuran data online. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi kognitif masyarakat Betawi terhadap kelengkapan Ondel-ondel ngamen yang berbeda dengan Ondel-ondel dalam acara rakyat Betawi, persepsi afektif masyarakat Betawi cenderung tidak mendukung penggunaan Ondel-ondel sebagai alat mengamen karena kesal dan prihatin, dan persepsi konatif masyarakat Betawi cenderung tidak memberikan uang kepada Ondel-ondel ngamen.

Article Details

How to Cite
Chienita, I., Susanto, E. H., & Winduwati, S. (2019). Persepsi Masyarakat Betawi Terhadap Fenomena Ondel-Ondel Ngamen. Koneksi, 2(2), 380–386. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3913
Section
Articles
Author Biographies

Iren Chienita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Eko Harry Susanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Septia Winduwati, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bajari, Atwar. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Farisco, L. N. B. (2018, Maret 11). Fenomena Ondel-Ondel Jadi Pengamen Jalanan, Pemerintah Diminta Beri Pembinaan. Retrieved Agustus 27, 2018, from Jakarta Tourism, Ondel-Ondel. (2015). Retrieved Agustus 29, 2018, from Jakarta Tourism: http://jakarta-tourism.go.id/2015/node/501?language=id

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Liputan6.com: https://www.liputan6.com/news/read/3361235/fenomena-ondel-ondel-jadi-pengamen-jalanan-pemerintah-diminta-beri-pembinaan

Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasiri, M. (2016, Juni 22). Mengenal Makna Simbolik Ondel-Ondel. Retrieved Agustus 30, 2018, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20160622182515-241-140178/mengenal-makna-simbolik-ondel-ondel

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia

Paramita, S. (2018). Pergeseran Makna Budaya Ondel-Ondel Pada Masyarakat Betawi Modern. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 133-138

Walgito, Bimo. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>