Perilaku Parasosial Penggemar Karakter Anime Jepang

Main Article Content

Indah Pertiwan
Sinta Paramita

Abstract

Japan is a country that has traditional cultural values and is still very strong today. Even though it adheres to old cultural values, Japan also accepts new cultural values that have entered due to globalization. Indonesian people are starting to get to know Japanese popular culture with the existence of mass communication, especially in the current digitalization era. Watching Japanese anime is no stranger to Indonesian people. This can have an impact on the behavior of people who like anime to the characters in the anime. This study aims to determine behavior among adolescents to adults when they like their favorite anime characters which ultimately creates parasocial behavior in their lives. The theory used in this study is the theory of mass communication and parasocial interaction. Measuring data collection used in this study is in the form of in-depth interviews with sources and by observation. The research subjects involved were 5 fans of anime characters in the Jabodetabek area. The results of this study indicate that of the five people have parasocial behavior in their own way. It is hoped that this research can open a different view of fans of Japanese anime characters


Jepang merupakan negara yang memiliki nilai-nilai budaya tradisional dan masih sangat kental hingga saat ini. Walau menganut nilai-nilai budaya lama, Jepang pun menerima nilai-nilai budaya baru yang masuk akibat adanya globalisasi. Masyarakat Indonesia mulai mengenal budaya populer Jepang dengan keberadaan komunikasi massa terutama di era digitalisasi saat ini. Tontonan anime Jepang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dapat berdampak pada perilaku orang yang menyukai anime hingga ke karakter yang ada dalam anime tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pada kalangan remaja hingga dewasa ketika menyukai karakter anime favoritnya  yang akhirnya menciptakan perilaku parasosial dalam kehidupannya. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori komunikasi massa dan interaksi parasosial. Alat ukur pengambilan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa wawancara mendalam terhadap para narasumber dan dengan observasi. Subjek penelitian yang terlibat yaitu para penggemar karakter anime sebanyak 5 orang di daerah Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari ke lima orang tersebut memiliki perilaku parasosial dengan caranya masing-masing. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membuka pandangan yang berbeda terhadap para penggemar karakter animeJepang.

Article Details

How to Cite
Pertiwan, I., & Paramita, S. (2023). Perilaku Parasosial Penggemar Karakter Anime Jepang. Koneksi, 7(1), 240–247. https://doi.org/10.24912/kn.v7i1.21296
Section
Articles

References

Amalina, A. (2012). Budaya Populer Jepang Sebagai Instrumen Diplomasi Jepang dan Pengaruhnya Terhadap Komunitas-Komunitas di Indonesia. Andalas Journal of International Studies, 1(2), 14.

Perbawani, P. S., & Nuralin, A. J. (2021). Hubungan Parasosial dan Perilaku Loyalitas Fans dalam Fandom KPop di Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 42–54. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.3056

Pradhipta, A. Y. (2021). Mekanisme ‘gacha’ dan ‘parasocial interaction’ pemain gim seluler. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(1), 215. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i1.2478

Sukmana, P. D. (2013). Studi Deskriptif Mengenai Interaksi Parasosial pada Perempuan Dewasa Awal di Komunitas Fans EXO Bandung. 14–33.

Sukmana, P. D. (2015). Studi Deskriptif mengenai Interaksi Parasosial pada Perempuan Dewasa Awal di Komunitas Fans Exo Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Psikolog (UNISBA)).

Yugih Setyanto, Winduwati, S., & Utami, L. S. S. (2017). Early Adolescent Behavior on Media Toward Idol Figure (Parasocial Study on Preliminary Youth as an Effect of New Media). International Journal of Communication and Media Studies, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.24247/ijcmsjun20171

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>