Gaya Kepemimpinan Perempuan Pemimpin dalam Membangun Reputasi Perusahaan Mentari Group

Main Article Content

Ancilla Kyra
Septia Winduwati

Abstract

This research discusses the leadership style of women leaders in building corporate reputation. Leaders are an important factor in determining the success of an organization. Therefore, this research aims to find out the leadership style of women leaders applied in building the company's reputation. This research uses Organizational Communication Theory and three leadership style concepts, namely assertive communication style, situational leadership of Paul Hershey and Kenneth H. Blanchard, and transactional female leadership style. The researcher used a qualitative approach with a case study method. In obtaining data, researchers conducted in-depth interviews, non-participatory observations, and documentation studies. The results showed that goal-oriented leadership while still focusing on fostering relationships between members is a good thing. In addition, a balanced collaboration between communication styles, leadership styles, and consistency in living the company's vision, mission, and values can create a positive organizational culture.


Penelitian ini membahas gaya kepemimpinan perempuan pemimpin dalam membangun reputasi perusahaan. Pemimpin menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan sebuah organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan perempuan pemimpin yang diterapkan dalam membangun reputasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan Teori Komunikasi Organisasi dan tiga konsep gaya kepemimpinan, yakni gaya komunikasi asertif, kepemimpinan situasional Paul Hershey dan Kenneth H. Blanchard, dan gaya kepemimpinan perempuan yang transaksional. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan yang berorientasi pada tujuan namun tetap fokus membina hubungan antar anggota merupakan hal yang baik. Selain itu, kolaborasi yang seimbang antara gaya komunikasi, gaya kepemimpinan, dan konsistensi untuk menghidupi visi, misi, serta nilai perusahaan mampu menciptakan budaya organisasi yang positif.

Article Details

How to Cite
Kyra, A., & Winduwati, S. (2024). Gaya Kepemimpinan Perempuan Pemimpin dalam Membangun Reputasi Perusahaan Mentari Group. Koneksi, 8(1), 245–253. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27672
Section
Articles

References

Anthony, F., & Remiasa, M. (2019). Analisis Gaya Kepemimpinan Situasional Pt Futurefood Wahana Industri. Agora, 7(1).

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Sage.

Juarsa, E. (2016). Gaya Komunikasi Pemimpin Divisi Mis Pt. Trias Sentosa Tbk Krian. Jurnal E-Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, 4(1), 2–9.

Kartika, Q., & Kanada, R. (2017). Peran Ganda Perempuan Pada Keluarga Masyarakat Petani: Kasus Istri Petani Di Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat. An Nisa’a: Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 12(02). Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Annisa/Article/View/1786/1464

Nizomi, K. (2019). Gaya Kepemimpinan Perempuan Dalam Budaya Organisasi (Studi Kasus Kepala Perpustakaan Smp Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta). Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2). Https://Ekonomi.Kompas.Com/Read/2018/03/10/070000426

Rosintan, M., & Setiawan, R. (2014). Analisis Gaya Kepemimpinan Perempuan Di Pt. Ruci Gas Surabaya. Agora, 2(2).

Tsany, A. S., & Setiawan, A. C. (2022). Efektivitas Gaya Kepemimpinan “Women Leadership” Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 539–550.

Yusriani, Hakim, L., & Tahir, N. (2021). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Peningkatan Standar Pelayanan Minimal Di Kantor Dinas Penanaman Modal Dan Ptsp Kabupaten Enrekang. 2(4), 1443–1459.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>