Komunikasi Instagram Narasi.tv dengan Generasi Z melalui Empat Pilar Media Sosial

Main Article Content

Michael Michael
Farid Rusdi

Abstract

Currently, people rely more on social media to get information. In Indonesia, as many as 79% of the population uses social media to get information. One media company that disseminates information via social media is Narasi.tv which uses Instagram social media. The Narasi.tv Instagram account presents information in a different format. By using four pillars of social media strategy, this research wants to find out how the Narasi.tv Instagram account's communication strategy is in conveying messages to Generation Z. Researchers use descriptive qualitative research methods to be able to explore a phenomenon, an event, social activities, attitudes, views, beliefs, and an individual or a group. Data collection techniques include interviews, observation, and literature study. The results of this research show that the Narasi.tv Instagram account uses four strategic pillars to reach generation Z, consisting of communication, collaboration, education, and entertainment. Of these four pillars, the most prominent is entertainment using jokes which is a concern for Gen Z and makes interaction with the target audience easier.


Saat ini masyarakat lebih mengandalkan media sosial untuk mendapatkan sebuah informasi. Di Indonesia, sebanyak 79% penduduk menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi. Salah satu perusahaan media yang menyebarkan informasi lewat media sosial adalah Narasi.tv yang menggunakan media sosial Instagram. Akun Instagram Narasi.tv menyajikan informasi dengan format berbeda. Dengan menggunakan empat pilar strategi media sosial penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi akun Instagram Narasi.tv dalam menyampaikan pesan kepada Generasi Z. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif untuk bisa mendalami sebuah fenomena, sebuah peristiwa, kegiatan secara sosial, sikap, pandangan, kepercayaan, dan seorang individual atau suatu kelompok. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan akun Instagram Narasi.tv menggunakan empat pilar strategi untuk menggapai generasi Z yang terdiri dari komunikasi, kolaborasi, edukasi, dan hiburan. Dari keempat pilar ini yang paling menonjol adalah hiburan dengan menggunakan guyonan yang menjadi keresahan para Gen Z dan membuat interaksi dengan target audiens menjadi lebih mudah.

Article Details

How to Cite
Michael, M., & Rusdi, F. (2024). Komunikasi Instagram Narasi.tv dengan Generasi Z melalui Empat Pilar Media Sosial. Koneksi, 8(1), 75–82. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.27559
Section
Articles

References

Farady, R., Marta, & William, D. M. (2017). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! (Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger #WTFoodies). Komunikasi, 8, 68–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.50

Hasya, R. (2022, Agustus 1). Apa Alasan Utama Masyarakat Indonesia Menggunakan Media Sosial? - GoodStats. https://goodstats.id/article/apa-alasan-utama-masyarakat-indonesia-menggunakan-media-sosial-nxvod

Napolen Cat. (2023, Januari). Instagram users in Indonesia - January 2023 | NapoleonCat. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/01/

Subhah Nafsyah, A., Rahayu Maulidyah, S., Srirazki Nurlia, A., & Putri Adhyanti, W. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By.U Sebagai Media Penyebaran Informasi & Komunikasi. 2(2), 1–11. https://massive.respati.ac.id

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Alfabeta.

Sutejo, I. L., & Rusdi, F. (2018). Analisis Framing Media Online Tentang Pemberitaan Pidato Prabowo “Tampang Boyolali.” Koneksi, 2(2), 605–611.

Widya, J., & Djunaidi, A. (2023). The Effect Of Language Style Selection In Detik.Com Online News Headlines On Reading Interest Of Gen Z. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(1), 283–290. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i1.25965

Witt, G. L., & Baird, D. E. (2018). The Gen Z Frequency: How Brands Tune in and Build Credibility.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>