Analisis Wacana (Analisis Teknik Propaganda) Film Captain America: Winter Soldier

Main Article Content

Willy Budianto
Farid Rusdi

Abstract

Media massa salah satunya melalui film, telah dimanfaatkan menjadi media untuk propaganda dan penyebaran budaya suatu negara. Hingga saat ini film menjadi media yang gencar terutama oleh negara Amerika Serikat sebagai penghasil film-film yang diminati oleh sebagian besar penduduk dunia. Penelitian ini menganalisis bagaimana teknik propaganda dalam film Captain America: Winter Soldier. Penelitian ini melakukan analisis wacana dalam film dan menganalisis teknik propaganda dari Film tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan analisis wacana dari Van Dijk dan teori teknik propaganda yakni, name calling. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis wacana. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Film Captai America: Winter Soldier memiliki pesan propaganda yang ditunjukan melalui teknologi ataupun budaya dalam film sehingga membentuk citra yang baik terhadap negara Amerika Serikat. Selain itu propaganda negatif juga ditunjukan di film ini dengan mengaitkan hal-hal negatif dalam film ke Nazi Jerman serta komunisme.

Article Details

How to Cite
Budianto, W., & Rusdi, F. (2017). Analisis Wacana (Analisis Teknik Propaganda) Film Captain America: Winter Soldier. Koneksi, 1(1), 197–202. https://doi.org/10.24912/kn.v1i1.1385
Section
Articles
Author Biographies

Willy Budianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Arifin. Anwar. (2010). Opini Publik. Jakarta: Gramata Publishing.

Rivers, J., & Peterson. (2008). Media Massa & Masyarakat Modern. Jakarta: Kencana

Sukendro. (2013). Identitas Indonesia Dalam Televisi, Film dan Musik. Bali: Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercubuana.

Saryono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>