Komparasi Literasi Informasi Generasi Baby Boomers dan Generasi X (Studi pada Pengguna Grup Whatsapp)

Main Article Content

Kezia Hakim
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Information literacy is needed, especially in the midst of the era of rapid digital development. Hoaxes can spread easily in the midst of technological developments like now. Information literacy is an ability that can be a filter for all generations to protect themselves from hoax news. In this study, a test was conducted to determine whether there is a comparison or difference in information literacy in the baby boomers generation with generation X, especially WhatsApp group users. The population in this study are parents who are included in the baby boomers generation and generation X who use WhatsApp groups. The data that has been collected is processed using SPSS version 26. The results in this study show that there is no difference in information literacy between the baby boomers generation and generation X, with a significance level of 0.255.

Literasi informasi sangat dibutuhkan khususnya di tengah era perkembangan digital yang begitu pesat. Hoaks dapat menyebar dengan mudahnya di tengah perkembangan teknologi seperti sekarang. Literasi informasi adalah kemampuan yang bisa menjadi filter bagi segala lintas generasi untuk melindungi diri dari berita hoaks. Pada penelitian kali ini dilakukan uji untuk mengetahui apakah ada komparasi atau perbedaan literasi informasi pada generasi baby boomers dengan generasi X khususnya para pengguna grup whatsapp. Populasi pada penelitian kali ini adalah para orang tua yang termasuk dalam generasi baby boomers dan generasi X yang menggunakan grup whatsapp. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil pada penelitian kali ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan literasi informasi generasi baby boomers dengan generasi X, dengan tingkat signifikansi 0.255.

Article Details

How to Cite
Hakim, K., & Sukendro, G. G. (2022). Komparasi Literasi Informasi Generasi Baby Boomers dan Generasi X (Studi pada Pengguna Grup Whatsapp). Koneksi, 6(1), 167–175. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15537
Section
Articles
Author Biographies

Kezia Hakim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38–43. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/13973

Cerita Helmi Kehilangan Ayah yang Dipicu Hoaks COVID-19. (n.d.). Retrieved August 18, 2021, from https://www.idntimes.com/news/indonesia/santidewi/kisah-helmi-indra-ayah-saya-meninggal-karena-percaya-hoaks-covid

Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. (n.d.). Retrieved November 21, 2021, from https://www.beritasatu.com/digital/733355/dataini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Dwi, Y., Lulu’, A. ;, Mufarokha, I., Williana, ;, & Matematika, P. (2020). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI SMK GONDANG WONOPRINGGO. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1, 83–88.

https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/394

Evadewi, R. K. P., & Sukmayanti, K. M. L. (2013). Kepatuhan Mengonsumsi Obat Pasien Hipertensi Di Denpasar Ditinjau Dari Kepribadian Tipe A Dan Tipe B. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 1,32-42.

https://fmipa.umri.ac.id/wpcontent/uploads/2016/09/Kartika-Kepatuhan-pasien-hipertensiminumobat.pdf

Hasfera, D. (2017). Mewujudkan generasi literat nelalui perpustakaan perguruan tinggi (Tantangan UIN Imam Bonjol Padang Menghadapi HOAX). 9.

Juditha Christiany. (2019). Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 16(1).

Leticia, L., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Personal Branding Felicya Angelista di Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Scarlett Whitening. Prologia, 5(2), 329–334.

https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/10204

Masalah Orangtua: Gemar Membagi Hoaks di Medsos dan WhatsApp. (n.d.). Retrieved September 11, 2021, from https://tirto.id/masalah-orangtua-gemarmembagi-hoaks-di-medsos-dan-whatsapp-decZ

Maulidina, R., & Ridho, K. (2020). Internet dan Metamorfosa Generasi Digital: Analisa Perbandingan Perilaku Penyebarluasan Berita Hoax Lintas Generasi. Jurnal Studi Jurnalistik, 2(2), 133–145. https://doi.org/10.15408/jsj.v2i2.18920

Munazar, R. (2020). HUBUNGAN ANTARA GENERASI X, Y, DAN Z DENGAN LITERASI DIGITAL TERHADAP HOAKS. https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/15560/1/Rizky%20Munazar%2C%20150401026%2C%20FDK%2C%20KPI%2C%20085359827181.pdf

Pramono, A., Tama, T. J. L., & Waluyo, T. (2021). ANALISIS ARUS TIGA FASA DAYA 197 KVA DENGAN MENGGUNAKAN METODE UJI NORMALITAS KOLMOGOROV-SMIRNOV. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 4(2), 213–216.

https://doi.org/10.31598/JURNALRESISTOR.V4I2.696

Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). PENGEMBANGAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF SENI MUSIK UNTUK SISWA SMP.

Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–164.

https://doi.org/10.21831/TP.V1I2.2526

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). MODEL PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PEMANFAATAN ELEARNING. https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom

Uniati, M. I. (2014). LEARNING ORGANIZATION, KOMITMEN PADA ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM ISO DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA ORGANISASI (STUDI KASUS STAF ADMINISTRASI UK PETRA SURABAYA). Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(1), 27–38.

https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.8.1.27-38

Yosani, C. (n.d.). Teknik Analisis Kuantitatif 1 TEKNIK ANALISIS KUANTITATIF

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>