Corak Batik dan Perilaku Komunikasi (Analisis Motif Batik Jogja dan Batik Solo)

Main Article Content

Chelsea Yulianita
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

Batik merupakan ciri khas budaya bangsa Indonesia di mana karya seni ini pada setiap corak dan motifnya terdapat makna, filosofi dari masing-masing daerahnya. Dalam hal ini, budaya dan komunikasi sangat berhubungan. Perilaku komunikasi menjadi hal utama dalam berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku komunikasi yang terdapat pada motif batik Jogja, dan batik Solo dan mengetahui ciri khas motif yang dimiliki batik Jogja dan batik Solo. Teori yang digunakan adalah teori motif dan teori perilaku komunikasi. Sedangkan metode yang dipakai yakni metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan metode pengumpulan data yang akan diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan observasi. Hasil yang diperoleh adalah perilaku komunikasi yang terjadi tidak hanya melalui komunikasi verbal tetapi juga melalui komunikasi non-verbal. Pada komunikasi verbal pola komunikasi mengarah pada pemberian informasi mengenai arti dan makna dari ciri-ciri motif batik Jogja dan batik Solo kepada masyarakat. Sementara pada komunikasi non-verbal pola komunikasinya mengarah pada pesan dan tanda yang disampaikan melalui simbol dan gambar dari motif batik itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Yulianita, C., & Sukendro, G. G. (2019). Corak Batik dan Perilaku Komunikasi (Analisis Motif Batik Jogja dan Batik Solo). Koneksi, 3(1), 244–249. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6216
Section
Articles

References

Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif:Komunikasi, Ekonomi Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, Imam. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

http://batik.or.id/sejarah-batik-solo

https://sembungbatik.wordpress.com/sejarah-dan-perkembangan-batik-di-indonesia

Moleong, M.A Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Susanto, Sewan. (1980). Seni Kerajinan Batik Indonesia. Jakarta: Balai Penelitian Batik dan kerajinan, Lembaga Penelitian dan Pendidikan Industri, Departemen Perindustrian RI.

Wulandari, Ari. (2011). Batik Nusantara: Makna Filosofis, Cara Pembuatan dan Industri Batik. Yogyakarta: Andi.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>