Pola Komunikasi Kelompok Lokananta Record dengan Komunitas Lokananta Project Dalam Membentuk Kohesivitas Kelompok

Anastasya Tanti Bintari, Gregorius Genep Sukendro
| Abstract views: 132

Abstract

Komunitas dapat menjadi wadah untuk berjejaring, saling membangun, dan melahirkan perubahan besar yang bersifat positif bagi masyarakat. Kontribusi dan pengaruh positif ditampilkan komunitas yang saling berjejaring di Lokananta. Penelitian ini membahas pola komunikasi Lokananta Record dengan Komunitas Lokananta Project dalam membentuk kohesivitas kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi antara Lokananta Record dengan Komunitas Lokananta Project dalam menjalin komunikasi yang baik sehingga dapat membentuk kohesivitas kelompok. Lokananta Record mulai berbenah diri menjalin hubungan baik dan komunikasi yang terbuka dengan Komunitas Lokananta Project. Komunitas yang hadir atas kepedulian anak muda pada studio musik rekaman pertama Indonesia, Lokananta Record yang kurang mendapat perhatian. Teori yang digunakan adalah teori komunitas, teori komunikasi organisasi, dan teori komunikasi kelompok, teori pola komunikasi, dan teori kohesivitas kelompok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Data yang diperoleh berdasarkan wawancara dengan narasumber. Melalui komunikasi yang baik antara pegawai Lokananta Record maupun anggota Komunitas Lokananta Project dapat berdiskusi sehingga membangun kedekatan dan keakraban pegawai dengan anggota komunitas. 

Keywords

Lokananta Record, Lokananta Project, Pola Komunikasi, Kohesivitas Kelompok

References

Creswell, J. W. (2008). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative & Qualitative Approaches. London: Sage Publications.

Effendy, Onong Uchyana. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung PT. Mandar Maju.

Harry, Eko. (2010). Kelambanan Reformasi Birokrasi dan Pola Komunikasi Lembaga Pemerintah. Dalam Jurnal Aspikom. (online), volume 1 no. 1.

Miles, M. d. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI PRESS.

McDavid, J.., & Harari, H. (1968). Social Psychology: Individuals, Groups, Societies. New York: Harper & Row.

Moloeng, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosada Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2004). Psikologi Komunikasi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.