Kreativitas dan Social Media Development Komik Strip Tahilalats

William Gunawan, Gregorius Genep Sukendro
| Abstract views: 187

Abstract

Seiring perkembangan jaman, media sosial telah menjadi wadah mengekspresikan diri sendiri, pencarian jati diri, wadah narsisme, dan musium karya seni. Hal ini menggerakkan Nurfadli Mursyid, seorang ilustrator untuk menunjukan karyanya di Instagram yaitu komik strip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seseorang membentuk kreativitasnya dan membentuk sosial media dari nol. Teori yang digunakan adalah teori proses kreativitas menurut Graham Wallas dan teori difusi inovasi yang dibentuk Everett Rogers. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dimana objek penelitianya adalah komikus dan author Tahilalats sendiri Nurfadli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan pembentukan media sosial yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. Penelitian ini ditujukan untuk pencipta konten yang ingin mengetahui proses penciptaan inovasi sosial media dan kreativitas merupakan kombinasi yang baik dalam mempublikasikan karya.

Keywords

komik strip Tahilalats, kreativitas, media sosial

References

Dilla, Sumadi. (2007). Komunikasi Pembangunan: Pendekatan terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/2026, di akses pada 18 Juni 2018 pukul 19.35

https://www.brainpickings.org/2013/08/28/the-art-of-thought-graham-wallas-stages

Fuandani Istiati. (2016). Studi Deskriptif Kualitatif Terhadap Program Bantuan Bibit Gratis oleh Persemaian Permanen Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo Yogyakarta pada Masyarakat Desa Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul.

Sukendro, G. Gregorious. (2016) Kreativitas Indonesia: Analisis Iklan Pariwisata Indonesia “Pesona Indonesia”. Jakarta: Untar.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.