Strategi Kreatif Windah Basudara dalam Membangun Personal Branding melalui Youtube

Main Article Content

Ivan Junius
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

YouTuber is someone who creates, edits and creates videos that will be uploaded to a digital platform called YouTube. Windah Basudara is a YouTuber who comes from Manado, Indonesia and has quite high popularity among children and adults. This research discusses the implementation of Windah Basudara's creative strategy in building personal branding via YouTube. The purpose of this study is to find out the application of Windah Basudara's creative strategy. This research uses a qualitative approach with a case study method. Data collection was carried out by observation, interviews and documentation. The results of this research show that creative strategies play an important role in building Windah Basudara's personal branding as a gaming YouTuber, this is an attraction for every content viewer to continue listening to the content presented by Windah, creative strategies in the form of gimmicks, interactions and drama have stuck and become self image. These things are the originality of Windah Basudara's character because many people try to apply these things but cannot replace his figure in the eyes of the audience.


Youtuber merupakan seseorang yang membuat, mengedit, dan menciptakan video yang akan diunggah ke platform digital yang disebut Youtube. Windah Basudara merupakan seorang youtuber yang berasal dari Manado, Indonesia dan memiliki popularitas yang cukup tinggi dikalangan anak-anak hingga orang dewasa. Penelitian ini membahas terkait penerapan strategi kreatif Windah Basudara dalam membangun personal branding melalui Youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan strategi kreatif Windah Basudara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kreatif berperan penting dalam membangun personal branding Windah Basudara sebagai youtuber gaming, hal tersebut menjadi daya tarik bagi setiap penikmat kontennya untuk terus menyimak konten yang disajikan oleh Windah, strategi kreatif berupa gimmick, interaksi, dan drama telah melekat dan menjadi citra diri. Hal-hal tersebut merupakan orisinalitas pembawaan dari Windah Basudara karena banyak orang yang mencoba menerapkan hal tersebut tetapi tidak dapat menggantikan sosoknya di mata para penonton.

Article Details

How to Cite
Junius, I., & Sukendro, G. G. (2024). Strategi Kreatif Windah Basudara dalam Membangun Personal Branding melalui Youtube. Koneksi, 8(2), 407–416. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27634
Section
Articles
Author Biographies

Ivan Junius, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Abdi, H. (2023). Gimmick adalah Sesuatu yang Digunakan untuk Menarik Perhatian, Kenali Penggunaannya. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5282236/gimmick-adalah-sesuatu-yang-digunakan-untuk-menarik-perhatian-kenali-penggunaannya?page=4

Aldila Daradinanti, V. K. M. P. (2022). Clickbait: Pengertian, Jenis, dan Contoh. Kompas.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/18/103000469/clickbait--pengertian-jenis-dan-contohnya?page=all

Almagribi, A. B., & Muslimah, M. (2021). Hubungan Guru Dan Murid Menurut KH. Hasyim Asy’ari Dan Implementasinya Dalam Tradisi Pembelajaran Di Pondok Pesantren Nurul Hikmah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 7(1).

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi - Cosmas Gatot Haryono. CV Jejak (Jejak Publisher).

Joko, B., Praktisi, P., & Lia, D. (2014). Strategi Menciptakan, Mempertahankan Dan Menjual Personal Branding Jelang Pemilu 2014. Jurnal Visi Komunikasi, 13(02), 265–280.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Oktora, D. D. (2020). Gimmick In The Reality Show Rumah Uya. Capture : Jurnal Seni Media Rekam, 11(2). https://doi.org/10.33153/capture.v11i2.2817

Prasasti, G. D. (2023). iShowSpeed dan Windah Basudara, Ini Live Streamer YouTube Gaming Paling Banyak Ditonton 2022. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/tekno/read/5182964/ishowspeed-dan-windah-basudara-ini-live-streamer-youtube-gaming-paling-banyak-ditonton-2022?page=2

Pratiwi, C. B. (2013). Strategi Kreatif Produser Program Tamu Istimewa Dalam Mempertahankan Eksistensi Program Di Stasiun Aditv. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Putra, B. N. K., & Vipraprastha, T. (2022). Personal Branding, Social Media Marketing, Dan Word of Mouth Dalam Meningkatkan Buying Decision Pada Konsumen E-Commerce Shopee. Modus, 34(1), 75–84. https://doi.org/10.24002/modus.v34i1.5061

Rahmatunisa, S., & Febriani, E. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Personal Branding Seniman Visual (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Public Relations dalam Membangun Personalbranding Muklay sebagai Seniman Visual). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 104–111.

Riandy, D., & Oktavianti, R. (2019). Strategi Kreatif Iklan Online Shop Aksesoris Wanita Di Media Sosial Instagram (Studi Pada Akun @Summercity_Id Dan @Neve_Blink ). Prologia, 3(1). https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6211

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sadya, S. (2023). Daftar Negara Pengguna YouTube Terbesar Awal 2023, Ada Indonesia. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/daftar-negara-pengguna-youtube-terbesar-awal-2023-ada-indonesia

Sari, W. P. (2019). Pajak Penghasilan Terhadap Youtuber Asing Yang Mendapat Endorse Dari Pelaku Usaha Di Indonesia. Universitas Airlangga.

Sumiati, E. (2015). Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Mempertahankan Kearifan Lokal. Jurnal Upi, 1–14.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2). https://doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>