Strategi Komunikasi Program Radio Pendidikan Sebagai Media Sumber Pembelajaran dan Informasi

Main Article Content

Syifa Nurhaliza
Farid Farid

Abstract

Suara Edukasi AM is an educational radio broadcast that has been organized by the Center for Data and Information Technology of the Ministry of Education and Culture. Radio requires a special communication strategy so that the information broadcast every day can be received and easily accepted by listeners and provides benefits to the listeners, especially in the Covid-19 pandemic situation. In the midst of many radio stations that are no longer active due to the existence of radio nowadays, many have been replaced by other, more modern mass media, but Suara Edukasi radio remains consistent and provides a lot of information about education and other entertainment. The purpose of the study was to identify and describe the planning, evaluation, management and challenges faced by Suara Edukasi radio in managing and providing information during the Covid-19 pandemic. In addition, it is also to describe the communication strategy carried out by Suara Edukasi educational radio in providing learning information, in order to retain and attract listeners in the midst of the Covid-19 pandemic through its broadcast program. This study will describe the stages of communication strategy described by Phil Jones. With a qualitative method research approach, the authors collect primary data with interviews and field observations. Then secondary data was obtained through websites, articles, and books. As a result, there are several challenges that must be faced by Suara Edukasi radio, but the radio can carry out the stages of communication strategy well, in order to achieve an organizational goal. At this time, communication strategies during the pandemic that have been defined and refined will continue to be used and developed.

Suara Edukasi AM adalah siaran radio pendidikan yang telah diselenggarakan oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Radio membutuhkan strategi komunikasi khusus agar informasi yang disiarkan setiap harinya dapat diterima dan mudah diterima oleh pendengar dan memberi manfaat kepada para pendengarnya terutama dalam situasi pandemi Covid-19. Ditengah banyaknya stasiun radio yang sudah tidak aktif dikarenakan eksistensi radio pada masa sekarang sudah banyak tergantikan oleh media massa lainnya yang lebih modern, namun radio Suara Edukasi tetap konsisten dan tetap memberikan banyak informasi seputar pendidikan maupun hiburan lainnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dari mulai proses perencanaan, evaluasi, pengelolaan dan tantangan yang dihadapi oleh radio Suara Edukasi dalam mengelola dan memberikan informasi pada masa pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang dilakukan radio pendidikan Suara Edukasi dalam memberikan informasi pembelajaran, agar dapat mempertahankan dan menarik pendengar ditengah pandemi Covid-19 melalui program siarannya. Penelitian ini akan memaparkan tahapan strategi komunikasi yang dipaparkan oleh Phill Jones. Dengan pendekatan penelitian metode kualitatif, penulis mengumpulkan data primer dengan wawancara dan observasi dilapangan. Kemudian data sekunder diperoleh melalui website, artikel, dan buku. Hasilnya, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh radio Suara Edukasi, namun radio tersebut dapat melakukan tahapan-tahapan strategi komunikasi dengan baik, demi tercapainya sebuah tujuan organisasi. Pada saat ini, strategi komunikasi selama pandemi yang sudah ditetapkan dan disempurnakan akan terus digunakan dan dikembangkan.

Article Details

How to Cite
Nurhaliza, S., & Farid, F. (2022). Strategi Komunikasi Program Radio Pendidikan Sebagai Media Sumber Pembelajaran dan Informasi. Koneksi, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15464
Section
Articles
Author Biographies

Syifa Nurhaliza, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Farid, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amiliani, Y., Pawito, & Soedarmo. (2020). Pemanfaatan Peran Radio Ditengah Pandemi COVID-19 Di Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Unimus.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design Choosing among Five Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA SAGE

Djamal Hidajanto, F., & Andi. (17 C.E.). Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi (2nd ed.). Prenada Media.

Dominica, L., Fauziah, L., & Pramesti, A. I. (2021). Proses Pendirian Radio Komunitas Suara Edukasi oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Kulon Progo di Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Audiens, 2(2), 261–272.

Effendy, O. U., & Surjaman, T. (2011). Ilmu komunikasi teori dan praktek. (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Jayani Dwi Hadya. (2021). 78% Sekolah di Indonesia Masih Belajar Jarak Jauh | Databoks. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/01/78-sekolah-diindonesia-masih-belajar-jarak-jauh

Phil Jones. (2012). Communicating Strategy. Ashgate Publishing Limited.