Representasi Semangat Perjuangan Hidup dalam Iklan “Rayakan Pejuang Indonesia”

Main Article Content

Stephanie Griselda
Farid Farid

Abstract

Advertising is a form of marketing communication that is used to influence the thoughts, feelings, and actions of consumers. Creative, unique, and interesting advertising design will make people able to remember the meaning of the advertisement. Semiotics is used to find out the meaning contained in a sign. One of the semiotics figures, Roland Barthes, sees the meaning of a sign in denotation, connotation, and myth. The purpose of this research is to find out the representation of the spirit of life struggles in the advertisement of Kopi Kenangan Hanya Untukmu x Karafuru version of Celebrate Indonesian Fighters. The research was analyzed using a qualitative-interpretative approach using the Roland Barthes semiotic method. In conducting the analysis, there are several symbols and signs, both denotation, connotation, and myth, that represent the spirit of life struggle. This research shows that the advertisement successfully represents the struggle and even people's views on the struggle of life through signs and symbols. This is also supported by the storyline of the ad, that is closely related to everyday life, the visual movement of the ad, the use of colors, and the right advertising character.


Periklanan merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dimanfaatkan untuk mempengaruhi pikiran, perasaan dan tindakan konsumen. Perancangan iklan yang kreatif, unik dan menarik akan membuat masyarakat mampu mengingat makna dari iklan. Semiotika digunakan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam suatu tanda. Salah satu tokoh semiotika, Roland Barthes melihat makna suatu tanda secara denotasi, konotasi dan mitos. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi semangat perjuangan hidup dalam iklan Kopi Kenangan Hanya Untukmu x Karafuru versi Rayakan Pejuang Indonesia. Penelitian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif – interpretatif dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Dalam melakukan analisis, terdapat beberapa simbol dan tanda baik denotasi, konotasi dan mitos yang merepresentasikan semangat perjuangan hidup. Penelitian menunjukkan iklan menunjukkan bentuk perjuangan bahkan pandangan masyarakat terhadap perjuangan hidup yang dilakukan melalui tanda dan simbol. Hal ini didukung dengan alur cerita iklan yang erat dengan kehidupan sehari-hari, pergerakan visual iklan, penggunaan warna, dan tokoh iklan yang tepat.

Article Details

How to Cite
Griselda, S., & Farid, F. (2023). Representasi Semangat Perjuangan Hidup dalam Iklan “Rayakan Pejuang Indonesia”. Koneksi, 7(2), 427–436. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21476
Section
Articles
Author Biographies

Stephanie Griselda, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Farid, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Cangara, H. H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Effendy, O. U., & Surjaman, T. (2017). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Jacky, M. (2015). Sosiologi: Konsep, Teori, dan Metode. Mitra Wacana Media.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Manesah, D. (2016). Representasi Perjuangan Hidup dalam Film “Anak Sasada” Karya Sutradara Ponty Gea. Jurnal Proporsi, 1(2), 179-189. http://dx.doi.org/10.22303/proporsi.1.2.2016.179-189

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. (Cetakan ke-1). Rajawali Pers.

Saputra, V. E., & Widayatmoko, W. (2019). Pengaruh Kualitas Pesan Iklan dan Kreativitas Iklan Terhadap Daya Tarik Iklan “Udah Waktunya Pake GO-JEK-Vertibokek.” Prologia, 3(1), 289–298. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6253