Ekploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Mobil Hyundai Santa Fe di Youtube

Main Article Content

Monica Teppy Waworuntu
Ahmad Junaidi

Abstract

Technology and communication continues to develop following the times. Many people spread creativity by giving birth to things that have artistic meaning. One of them is through advertisements that are presented to the wider community in both paper and video form. The Hyundai Santa Fe advertisement is an example of how an advertisement depicts a woman who can create perceptions or stereotypes. The hypodermic needle theory was an early concept of the mass communication effect. This theory assumes that the communication component has a very big influence in changing the attitudes and behavior of the audience. This study used a qualitative research approach. The subjects in this study were women in the Hyundai Santa Fe advertisement. The research object is the Hyundai Santa Fe advertising video on Youtube social media. This research shows that the female figure in the advertisement displays the sensuality and sexiness side of her attraction to a car. There are hidden signs in the advertisement, namely women's facial expressions that symbolize passion and can lead to various perceptions and stereotypes and exploitative.

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi dan komunikasi terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Banyak orang menyebarkan kreativitas dengan melahirkan hal-hal yang memiliki makna artistik. Salah satunya melalui iklan yang disajikan kepada masyarakat luas baik dalam bentuk kertas maupun video. Iklan Hyundai Santa Fe merupakan contoh bagaimana sebuah iklan menggambarkan sosok perempuan yang dapat menimbulkan persepsi atau stereotip. Teori jarum hipodermik adalah konsep awal dari efek komunikasi massa. Teori tersebut mengasumsikan bahwa komponen komunikasi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mengubah sikap dan perilaku khalayak. Pada penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah perempuan dalam iklan Hyundai Santa Fe. Obyek penelitian adalah video iklan Hyundai Santa Fe pada media sosial Youtube. Penelitian ini menunjukkan bahwa stereotipe sosok perempuan dalam iklan menampilkan sisi sensualitas dan keseksian dalam ketertarikannya dengan sebuah mobil. Terdapat tanda - tanda tersembunyi di dalam iklan tersebut, yaitu ekspresi wajah perempuan yang melambangkan gairah dan menggambarkan stereotipe perempuan dan cenderung eksploitatif.

Dimensions

Article Details

How to Cite
Waworuntu, M. T., & Junaidi, A. (2022). Ekploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan Mobil Hyundai Santa Fe di Youtube. Koneksi, 6(1), 61–68. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.10860
Section
Articles
Author Biographies

Monica Teppy Waworuntu, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Chang, C. (2006). Cultural Masculinity/Femininity Influences on Advertising Appeals. Journal of Advertising Research. 46(3), pp.315-323.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-46.

Kotler, Philip, Alan R. Andreasen. (1991). Strategic Marketing for Nonprofit Organizations.Prentice Hall, New Jersey, USA.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marifah, N. (2020). Representasi Perempuan dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Sapala 6(1).

Pratiwi, T., Putri, Y., & Sugandi, M. (2015). Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap logo Calais Tea. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/299904072.pdf

Rahmawati, R. L. (2020). Pengaruh Terpaan Pesan Iklan Zilingo Versi Siapa Sih Lo di Youtube Terhadap Kesadaran Merek Konsumen (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2016). Master's thesis, Universitas Muhammadiyah Malang 2020. (pp. 13-16). Diakses dari Http://eprints.umm.ac.id/58633/.

Susanto, E, H. (2014). Dinamika Pesan Iklan. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanagara Tahun VI/02/2014. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/28.

Wicaksono, I. P. (2012). Representasi Eksploitasi Perempuan dalam Iklan.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>