Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Efektivitas Akun Instagram @bogoreatery terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Konsumen Wisata Kuliner di Bogor

Fadia Syah Putranto, Rezi Erdiansyah
| Abstract views: 167 | views: 146

Abstract

Instagram account @bogoeatery is an account based on information content about culinary tourism in Bogor. The account makes it easier for Instagram social media users to find culinary tourism information through various content provided to other users. This study aims to determine the effect of using social media and the effectiveness of the @bogoreeatery Instagram account on meeting the information needs of culinary tourism consumers in Bogor. The author uses the theory of the use of social media, the theory of effectiveness and the fulfillment of information needs as research concepts. The research method used is an explanatory survey of 100 respondents as a sample with a questionnaire as the author's instrument. The data obtained were analyzed using validity test, reliability test, normality test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination, f test and t test. From this research, the results of the multiple linear regression equation are Y= (-0.089) + 0.293 + 0.795 value (sig) 0.000. This means that every 1 unit increase in the use of social media will increase the fulfillment of information needs by 0.293. Likewise, every increase in the effectiveness of an Instagram account by 1 unit will increase the fulfillment of information needs by 0.795, which means that the use of social media and the effectiveness of the Instagram account @bogoeatery has a significant influence on meeting the information needs of culinary tourism consumers in Bogor.

Akun Instagram @bogoreatery merupakan salah satu akun yang berbasis konten informasi seputar wisata kuliner di Bogor. Akun tersebut memudahkan pengguna media sosial Instagram dalam mencari informasi wisata kuliner melalui berbagai konten yang diberikan kepada pengguna lainnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial dan efektivitas akun Instagram @bogoreatery terhadap pemenuhan kebutuhan informasi konsumen wisata kuliner di Bogor. Penulis menggunakan teori serta konsep penelitian yaitu penggunaan media sosial, teori efektivitas komunikasi dan pemenuhan kebutuhan informasi. Metode penelitian yang dilakukan yaitu eksplanatif berdasarkan survei terhadap 100 responden sebagai sampel dengan kuisioner sebagai instrumen penulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji reabilitas, uji validitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, koefesien determinasi, uji f dan uji t. Dari penelitian ini diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda yaitu Y= (-0,089) + 0,293 + 0,795 nilai (sig) 0.000. Hal ini diartikan setiap peningkatan sebesar 1 satuan pada penggunaan media sosial akan meningkatkan pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 0,293. Begitu pula dengan setiap peningkatan efektivitas akun Instagram sebesar 1 satuan akan meningkatkan pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 0,795, yang berarti penggunaan media sosial dan efektivitas akun Instagram @bogoreatery memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi konsumen wisata kuliner di Bogor.

Keywords

effectiveness; fulfilling information needs; Instagram; use of social media

Full Text:

PDF

References

Ali, M. (2021, 09 25). Pemkot Bogor Harapkan Peningkatan Wisatawan pada Akhir Pekan. Retrieved from liputan6.com:

https://www.liputan6.com/news/read/4667545/pemkot-bogor-harapkanpeningkatan-wisatawan-pada-akhir-pekan

Annur, C. M. (2021, September 01). Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses YouTubepada Semester I-2021. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id:

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/05/masyarakat-indonesiapaling-banyak-akses-youtubepada-semester-i-2021

Arbi, I. A. (2021, 08 31). Kembali Dipadati Wisatawan, Bogor Sudah Menjadi "Pelarian" Warga Jakarta Sejak Era Belanda. Retrieved from megapolitan.kompas.com:

https://megapolitan.kompas.com/read/2021/08/31/11594351/kembalidipadati-wisatawan-bogor-sudah-jadi-pelarian-warga-jakarta-sejak?page=all

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Rumyeni, B. (2015). Pengaruh Media Sosial Twitter @Lowkerpku terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lowongan Kerja Bagi Followers. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, Volume 2 Nomor 2.

Suherman, A. (2020). Buku Ajar Teori-teori Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish.

Suryadi, E. (2019). Metode Penelitian Komunikasi Dengan Pendekatan Kuantitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Copyright (c) 2022 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.