Pengaruh Personal Branding Felicya Angelista di Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Scarlett Whitening

Main Article Content

Leticia Leticia
Farid Rusdi

Abstract

With the rapid use of the internet in Indonesia which is dominated by the use of social media, various social media applications have emerged that can help everyone to get and share information easily and quickly. Social media is currently also being used as a new online business platform, one of which is Instagram social media. Social media is not only used as a photo and video sharing application, but Instagram is currently used as a promotional tool in terms of doing business and building Personal Branding online. Many people are currently building their Personal Branding through Instagram such as one beautiful Indonesian artist named Felicya Angelista who currently has 16.6 million Instagram followers. Felicya Angelista also takes advantage of Instagram as a new online business platform, namely Scarlett Whitening. Currently Scarlett Whitening is always being promoted by Felicya Angelista through her Instagram account so that Felicya Angelista's Instagram followers know about Scarlett Whitening and end up in loyalty. This study aims to determine whether there is an effect of Felicya Angelista's Personal Branding on Instagram on customer loyalty for Scarlett Whitening products. This study also uses a quantitative approach, and the analysis used is simple linear regression. The sampling technique used was non-probability with a purposive sampling approach, as many as 100 respondents from Instagram Scarlett Whitening. The technique used for data collection is a questionnaire. Test requirements analysis using validity, reliability, and normality tests. Likewise, the data validity technique used is the t test, simple regression analysis, correlation analysis, and analysis of the coefficient of determination. With the results of the t test, it shows that the t value is 2.770> 1.984 t table which shows that there is an influence from Felicya Angelista's Personal Branding via Instagram on customer loyalty for Scarlett Whitening products.

Dengan pesatnya penggunaan internet di Indonesia yang didominasi oleh penggunaan media sosial, maka muncul berbagai macam aplikasi media sosial yang dapat membantu semua orang untuk mendapatkan dan berbagi informasi dengan mudah dan cepat. Media sosial saat ini juga digunakan sebagai wadah bisnis online yang baru, salah satunya adalah media sosial Instagram. Media sosial ini tidak hanya digunakan sebagai aplikasi berbagi foto dan video saja, tetapi Instagram saat ini digunakan sebagai alat promosi dalam hal berbisnis dan membangun Personal Branding secara online. Banyak kalangan yang saat ini membangun Personal Brandingnya melalui Instagram seperti salah satu artis cantik Indonesia bernama Felicya Angelista yang saat ini memiliki pengikut Instagram sebanyak 16,6 juta. Felicya Angelista juga turut memanfaatkan Instagram sebagai sarana bisnis onlinenya yang baru yaitu Scarlett Whitening. Saat ini Scarlett Whitening selalu di promosikan oleh Felicya Angelista melalui akun Instagramnya agar para pengikut Instagram Felicya Angelista mengetahui keberadaan Scarlett Whitening dan berakhir pada loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perngaruh Personal Branding Felicya Angelista di Instagram terhadap loyalitas pelanggan produk Scarlett Whitening. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif, dan analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non-probability dengan pendekatan purposive sampling, responden sebanyak 100 orang dari Instagram Scarlett Whitening. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Begitu juga dengan teknik keabsahan data yang digunakan adalah uji t, analisis regresi sederhana, analisis korelasi, dan analisis koefisien determinasi. Dengan hasil uji t menunjukkan nilai t hitung adalah 2.770 > 1,984 t table yang menunjukan bahwa adanya pengaruh dari Personal Branding Felicya Angelista melalui Instagram terhadap loyalitas pelanggan produk Scarlett Whitening.

Article Details

How to Cite
Leticia, L., & Rusdi, F. (2021). Pengaruh Personal Branding Felicya Angelista di Instagram Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Scarlett Whitening. Prologia, 5(2), 329–334. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10204
Section
Articles
Author Biographies

Leticia Leticia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Haryanti, R. (2019, 10 6). Hari Ini dalam Sejarah: Instagram Diluncurkan, Bagaimana Kisah Awalnya? Retrieved from kompas.com: https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/06/064200765/hari-ini-dalam-sejarah--instagram-diluncurkan-bagaimana-kisah-awalnya-?page=all

Josephine, A., & Harjanti, D. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Trio Corporate Plastic (Tricopla).

Khairul, M. A., Zanganeh, J., & Moghtaderi, B. (2019). The composition, recycling and utilisation of Bayer red mud. Resources, Conservation and Recycling, 141, 483-498.

Nurwidayat, A. (2015 ). Analisis Pengaruh Pelayanan Dan Keragaman Barang Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Pada Pasar Bunder Di Sragen).

Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). UJI KESUKAAN HASIL JADI KUE BROWNIES MENGGUNAKAN TEPUNG TERIGU DAN TEPUNG GANDUM UTUH. 60.

Waspodo, A. A., Handayani, N. C., & Paramita, W. (2013). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PT. UNITEX DIBOGOR. 103.

Wibi, G. (2019, 11 14). 9 Pencapaian Karier Felicya Angelista di Usia 25 Tahun. Retrieved from www.idntimes.com: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/rani-48/9-pencapaian-karir-felicya-angelista-c1c2/9

Yudhiantika, S. (2019). PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI PAJAK DAN PENERAPAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Survey Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying.