Analisis Pesan Persuasif dalam Kreativitas Iklan BCA “Anggun Ketipu? #AwasModus”

Main Article Content

Dewi Purnamasari
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

The rise in BCA-related fraud cases in 2022 led to customer worries. To address this, BCA launched the “Anggun Ketipu? #AwasModus” creative ad, urging customers to reject personal banking data fraud. The focus of this research is to analyze how the persuasive message is in BCA’s advertising creativity “Anggun Ketipu? #AwasModus”. The theories and concepts used are advertising creativity and persuasive messages, which are elements of AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action). The author uses a descriptive qualitative research approach with a case study method. Data collection used observation, interview, and literature study techniques. The validity of the data was checked through triangulation of data sources and theory. The results of this research are that the presence of celebrity Anggun Cipta Sasmi is able to attract the audience's attention at the beginning of the advertisement; showing several examples of fraud cases and their solutions which are packaged with comedy elements and positioning the fraud targets, as heroes can stimulate the audience's curiosity; the phrase “Rejecting Fraud Elegantly” prompts immediate action; narratives, music, and appreciation evoke audience emotions; repetition of “Rejecting Fraud Elegantly” emphasizes the relevance and prompting action. The author concludes that the AIDCA concept can be realized well in this advertising creativity.


Kasus penipuan yang mengatasnamakan BCA marak terjadi pada tahun 2022 sehingga menimbulkan kekhawatiran nasabah. BCA lalu merilis iklan kreatif dengan judul “Anggun Ketipu? #AwasModus”. Iklan ini menyampaikan pesan kepada nasabah untuk menolak berbagai jenis penipuan data pribadi perbankan. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pesan persuasif dalam kreativitas iklan BCA “Anggun Ketipu? #AwasModus”. Teori dan konsep yang digunakan adalah kreativitas iklan dan pesan persuasif elemen AIDCA (Attention, Interest, Desire, Conviction, Action). Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber data dan teori. Hasil dari penelitian ini adalah kehadiran selebriti Anggun Cipta Sasmi mampu menarik perhatian audiens di awal penayangan iklan; tayangan beberapa contoh kasus penipuan beserta solusinya yang dikemas dengan unsur komedi dan memposisikan target penipuan sebagai pahlawan mampu merangsang rasa ingin tahu audiens; “Tolak dengan Anggun” menjadi kata kunci yang menggerakan keinginan audiens untuk segera melakukan penolakan; narasi yang diiringi latar musik serta adanya apresiasi dalam iklan mampu memengaruhi emosi audiens; pengulangan pesan “Tolak dengan Anggun” mampu menekankan relevansinya kepada audiens sehingga mendorong tindakan penolakan. Penulis menyimpulkan bahwa konsep AIDCA mampu terealisasi dengan baik dalam kreativitas iklan ini.

Article Details

How to Cite
Purnamasari, D., & Sukendro, G. G. (2024). Analisis Pesan Persuasif dalam Kreativitas Iklan BCA “Anggun Ketipu? #AwasModus”. Koneksi, 8(2), 324–333. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27572
Section
Articles
Author Biographies

Dewi Purnamasari, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Annur, C. M. (2023). Jadi Bank Swasta Terbesar Indonesia, Siapa Saja Pemilik Saham BCA? Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/22/jadi-bank-swasta-terbesar-indonesia-siapa-saja-pemilik-saham-bca

BCA. (2022). Tolak Dengan Anggun Yang Minta Data Pribadi Perbankan. https://www.bca.co.id/id/informasi/awas-modus/2022/12/15/10/15/tolak-dengan-anggun-yang-minta-data-pribadi-perbankan

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018a). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective (11th ed.). McGraw Hill Education.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018b). Advertising and Promotion An Integrated Marketing Communication Perspective (11th ed.). McGraw Hill Education.

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Rajawali P.

Databoks. (2021). Masyarakat Anggap Bank dan Lembaga Keuangan Paling Banyak Kumpulkan Data Pribadi. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/09/masyarakat-anggap-bank-dan-lembaga-keuangan-paling-banyak-kumpulkan-data-pribadi

Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar Periklanan. Graha Ilmu.

Kominfo. (2021). Pentingnya Perlindungan Data Pribadi di Era Digital. https://aptika.kominfo.go.id/2021/10/pentingnya-pelindungan-data-pribadi-di-era-digital/

Lamb, C. W., Hair, J. F., & Mcdaniel, C. (2013). Pemasaran. Salemba Empat.

Mafael, A., Raithel, S., Taylor, C. R., & Stewart, D. W. (2021). Measuring the Role of Uniqueness and Consistency to Develop Effective Advertising. Journal of Advertising, 50(4), 494–504. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00913367.2021.1883488

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, N. K. (2015). Strategi Kreatif Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dalam Pemasaran Sosial. Jurnal Interaksi, 4(2), 158–164.

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9759

Qadafi, U. (2023). YouTube Works Awards SEA 2023: 90% Gen Z Indonesia Suka YouTube Shorts. Katadata. https://katadata.co.id/umarqadafi/info/652b2660b29ac/youtube-works-awards-sea-2023-90-gen-z-indonesia-suka-youtube-shorts

Sarosa, S. (2017a). Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Indeks Jakarta.

Sarosa, S. (2017b). Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Indeks Jakarta.

Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (8th ed.). Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>