Fenomena Mahasiswa FOMO Kekinian dalam Studi FOMO dan Pengendalian Diri di TikTok

Main Article Content

Samantha Michelle
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

This study aims to explore the phenomenon of FOMO (Fear of Missing Out) and self-control strategies among university students who use TikTok as a social media platform. Data collection techniques include interviews and observations with three informants, as well as documentation. The data analysis method used is triangulation, which involves comparing data from different sources: the informants, who are university students with FOMO experiences on TikTok, and a psychologist expert. The results of this study show that the FOMO phenomenon is evident in the urge to follow viral trends and purchase popular items in order to stay connected with one's social group. On the other hand, students display varying levels of self-control, including behavioral control, cognitive control, and information control. These self-control efforts are demonstrated through managing their budget, redirecting attention to productive activities, and limiting time spent on social media. This study provides new insights into the dynamics of TikTok usage among university students and emphasizes the importance of self-control in managing the growing influence of social media.


Penelitian ini membahas mengenai fenomena Fear Of Missing Out (FOMO) dan pengendalian diri di media sosial TikTok. Penelitian ini betujuan untuk melihat fenomena FOMO dan cara pengendalian diri di kalangan mahasiswa pengguna media sosial TikTok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi dengan sejumlah informan serta dokumentasi. metode teknik analisis data menggunakan metode triangulasi yang berarti membandingkan data-data yang ada dengan informan yaitu mahasiswa pengguna media sosial TikTok yang memiliki pengalaman FOMO dan ahli psikologi. Hasil penelitian ini adalah Fenomena FOMO terlihat dari dorongan untuk mengikuti tren viral dan membeli barang yang sedang populer demi menjaga keterhubungan dengan kelompok sosial. Di sisi lain, mahasiswa menunjukkan kemampuan pengendalian diri yang berbeda-beda, termasuk pengendalian perilaku, pengendalian kognitif, dan pengendalian informasi. Upaya pengendalian diri ini dilakukan dengan menmgatur anggaran, mengalihkan perhatian ke aktivitas produktif, serta membatasi waktu pengguna media sosial. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang dinamika penggunaan TikTok di kalangan mahasiswa dan pentingnya cara pengendalian diri. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang dinamika penggunaan TikTok di kalangan mahasiswa dan pentingnya pengendalian diri dalam menghadapi dampak media sosial yang semakin kuat.

Article Details

How to Cite
Michelle, S., & Sukendro, G. G. (2025). Fenomena Mahasiswa FOMO Kekinian dalam Studi FOMO dan Pengendalian Diri di TikTok. Koneksi, 9(1), 187–197. https://doi.org/10.24912/kn.v9i1.33311
Section
Articles
Author Biographies

Samantha Michelle, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

References

Alya Difa. (2024, June 4). Ledakan Blind Box: Mengapa Pop Mart dan Sonny Angels Populer di Kalangan Remaja. https://www.kompasiana.com/alyadian1518/665e902ac925c467bd7dd052/ledakan-blind-box-mengapa-pop-mart-dan-sonny-angels-populer-di-kalangan-remaja

Anwar Bahar Basalamah. (2024, September 17). Ternyata Ini Penyebab Boneka Labubu Viral di TikTok. https://radarkediri.jawapos.com/genznews/785097579/ternyata-ini-penyebab-boneka-labubu-viral-di-tiktok

Chrisna Basila Rahman, M., & Hayati, U. (2024). Analisis Tingkat Kecenderungan Fear Of Missing Out Menggunakan Algoritma Random Forest Pada Media Sosial. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 8, Issue 1).

Henry. (2024, October 25). Konser Bruno Mars di Jakarta Sold Out, Masalah Akses dan Transportasi Masih Jadi Sorotan. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5710246/konser-bruno-mars-di-jakarta-sold-out-masalah-akses-dan-transportasi-masih-jadi-sorotan?page=3

Hepilita, Y., Gantas, A., & Ruteng, S. P. (2018). Hubungan durasi penggunaan media sosial dengan gangguan pola tidur pada anak usia 12 sampai 14 tahun di SMP Negeri 1 Langke Rembong. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(3), 102-110.

Jannah. (2023). Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) di komunitas calon guru Pendidikan agama Islam: Studi fenomena FOMO pada mahasiswa Pendidikan Islam Strata-I UIN Sunan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 115-120.

Linares, C., & Sellier, A. L. (2021). How bad is the mere presence of a phone? a replication of przybylski and weinstein (2013) and an extension to creativity. PLoS ONE, 16(6 June). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0251451

Nainggolan, V., Rondonuwu, S. A., & Waleleng, G. J. (2018). Peranan media sosial Instagram dalam interaksi sosial antar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNSRAT Manado. Jurnal Komunikasi Sosial, 12(2), 200-210.

Norma, E., Savitri, A., & Suprihatin, T. (2021). Penguatan kesehatan mental di masa pandemic. Seminar Nasional dan Call for paper.

Saputra, A. (2019). Survei penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa Kota Padang menggunakan teori Uses and Gratifications. Baca: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 207-218.

Setiyani, A. (2020). Pengaruh Perilaku Narsis dan Self Esteem Terhadap Pengendalian Diri Seorang Akuntan Dalam Berinteraksi Di Media Sosial Dengan Etika Profesi Akuntan Sebagai Variabel Intervening.

Soliha, S. F. (2015). Silvia Fardila Soliha, Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial.

Widyasari, S., Soliha, E., & Santoso, I. H. (2021). Fomsumerism : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption dengan Memanfaatkan Fear of Missing Out Konsumen. https://doi.org/10.32812/jibeka.v15i2.230

Wijaya, N., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267–276. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10171

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.