Pengungkapan Diri Mahasiswa Pengguna Instagram di Kota Bandung

Main Article Content

Irwanto Irwanto
Daniel Tamburian

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer di dunia saat ini. Orang menggunakan Instagram sebagai media untuk berkomunikasi melalui foto, tulisan, dan video. Pengungkapan diri adalah salah satu jenis komunikasi yang dilakukan para pengguna Instagram. Menurut Brand Development Lead Instagram APAC Paul Webster, Instagram memiliki 45 juta pengguna di Indonesia, yang 59 persen diantaranya berusia 18-24 tahun, dan terdidik. Penulis menggunakan teori pengungkapan diri oleh Joseph Devito untuk menggambarkan pola-pola pengungkapan diri mahasiswa pengguna Instagram di Kota Bandung. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan wawancara mendalam sebagai teknik penggumpulan data pada penelitian ini yang bertujuan untuk memberikan gambaran pola pengungkapan diri. Penelitian ini juga menggunakan informan kunci untuk memvalidasi jawaban wawancara dari para informan. Hasil penelitian ini membantu pembaca untuk melihat pola pengungkapan diri mahasiswa pengguna Instagram di Kota Bandung, seperti ketika mereka melakukan pengungkapan diri yang bersifat informasi personal di Instagram; perilaku dan perasaan mereka.

Article Details

How to Cite
Irwanto, I., & Tamburian, D. (2018). Pengungkapan Diri Mahasiswa Pengguna Instagram di Kota Bandung. Koneksi, 1(2), 406–411. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2014
Section
Articles

References

Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. (2014). Self disclosure in social media: extending the functional approach to disclosure motivations and characteristics on social network sites. International Communication Association.

Budyatna, Muhammad & Ganiem, Leila Mona. (2011). Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Canggara, H. Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Devito, Joseph A. (2005). The interpersonal communication book. New York: Addison Wesley Longman Inc.

Devito, Joseph A. (2010). Komunikasi Antar Manusia. Bandung: Karisma.

Liliweri, Alo. (2015). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lumenta, Dave. (2006). Antropologi Indonesia, Vol. 30, No. 3. Depok: Universitas Indonesia.

Papalia, Diane E.., & Gabriela Martorell. (2014). Experience Human Development. New York: McGraw-Hill.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.