Pola Komunikasi Tim Usher GBI Gilgal dalam Membangun Kekompakan Tim

Main Article Content

Julianto Julianto
Daniel Tamburian

Abstract

Komunitas adalah kelompok sosial yang mempunyai tujuan yang sama. Komunitas merupakan kelompok sosial yang terdiri dari orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Kelompok memiliki tujuan yang sama salah satunya adalah kelompok pelayanan usher di GBI Gilgal Jakarta. Usher adalah sebuah penyambut tamu. Namun di dalam sebuah gereja disebut pelayanan untuk menyambut jemaat yang datang. Di dalam sebuah kelompok terjadi sebuah komunikasi dan biasanya komunikasi membentuk sebuah pola komunikasi. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pola komunikasi tim usher dalam membangun kekompakan tim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus dimana penulis terjun ke lapangan tempat penelitian dan juga melakukan wawancara dengan ketua dan beberapa anggota tim usher. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang dibangun dalam membangun kekompakan tim. Hasil penelitian ini menunjukan pola komunikasi yang digunakan oleh tim usher adalah menggunakan pola komunikasi dua arah dan multi arah. Tim usher GBI Gilgal juga menggunakan proses komunikasi sekunder karena tim usher juga menggunakan media sebagai alat komunikasi dalam menyampaikan pesan. Tingginya intensitas komunikasi membangun kekompakan tim usher GBI Gilgal.

Article Details

How to Cite
Julianto, J., & Tamburian, D. (2018). Pola Komunikasi Tim Usher GBI Gilgal dalam Membangun Kekompakan Tim. Koneksi, 2(1), 110–115. https://doi.org/10.24912/kn.v2i1.2437
Section
Articles

References

Azeharie, Suzy. (2015). Pola Komunikasi Antara Pedagang dan Pembeli di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri. Jurnal Komunikasi, 7(2), 207-223

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

Mulyana, Deddy (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.