Kontroversi Pernyataan Joko Widodo tentang Kampanye dalam Pemilu 2024 di Media Detik.com dan Viva.co.id

Main Article Content

Richard Neilson Salim
Farid Rusdi

Abstract

In 2024, Indonesia will hold presidential and vice-presidential elections and legislative elections. One of the news that attracted attention was a controversial statement from President Joko Widodo regarding the president being allowed to campaign and take sides. The statement elicited mixed responses, both positive and negative, not only that, but the mass media also reported Joko Widodo's statement. One of them is online media Detik.com and Viva.co.id. The reason researchers chose Detik.com and Viva.co.id was because in the IPWS survey, the two media were included in the most popular and most widely read online media in Indonesia. This study aims to determine the framing analysis of Detik.com and Viva.co.id on the news of Joko Widodo's statement regarding the president who is allowed to campaign and take sides in the 2024 election. The approach in this research uses a constructivist paradigm, with Zhongdang Pan and Gerald M. Kosicki's framing analysis, namely syntax, script, thematic, and rhetoric. In this research, the data collection method used is observation, online data search, and literature study. The findings show that there is emphasis in the presentation of news by Detik.com and Viva.co.id. Detik.com seems to be trying to maintain neutrality while Viva.co.id seems to be leaning or supporting Jokowi's statement.


Pada tahun 2024, Indonesia akan menyelenggarakan Pemilihan Umum presiden dan wakil presiden (Pilpres) serta Pemilihan Umum Legislatif (Pileg). Salah satu berita yang menarik perhatian adalah pernyataan kontroversial dari Presiden Joko Widodo mengenai presiden yang diperbolehkan berkampanye dan berpihak. Pernyataan tersebut menimbulkan tanggapan yang beragam, baik yang positif maupun yang negatif, tidak hanya itu, media massa juga memberitakan pernyataan Joko Widodo tersebut. Salah satunya media online Detik.com dan Viva.co.id. Alasan peneliti memilih Detik.com dan Viva.co.id dikarenakan pada survei IPWS, kedua media tersebut termasuk dalam media online terpopuler dan paling banyak dibaca di Indonesia. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui framing Detik.com dan Viva.co.id terhadap pemberitaan pernyataan Joko Widodo mengenai presiden yang diperbolehkan berkampanye dan berpihak dalam pemilu 2024. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki yakni sintaksis, skrip, tematik, dan retoris. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penelusuran data daring, dan studi kepustakaan. Temuan menunjukkan bahwa ada penekanan dalam penyajian berita oleh Detik.com dan Viva.co.id. Detik.com terlihat berusaha menjaga netralitas sedangkan Viva.co.id terlihat condong atau mendukung pernyataan Jokowi.

Article Details

How to Cite
Salim, R. N., & Rusdi, F. (2025). Kontroversi Pernyataan Joko Widodo tentang Kampanye dalam Pemilu 2024 di Media Detik.com dan Viva.co.id. Koneksi, 9(2), 531–538. https://doi.org/10.24912/kn.v9i2.33310
Section
Articles
Author Biographies

Richard Neilson Salim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

APJII. (2024, February 7). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Diakses pada 3 Agustus, 2024, dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Eriyanto. (2020). Analisis Framing; Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: Lkis Printing Cemerlang.

Gavrila, N., & Rusdi, F. (2020). Analisis Framing Detik.com dan Kompas.com Terhadap Pemberitaan Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia. Diakses pada 23 Agustus, 2024 dari Journal. Komunikasi, https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi

Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kualitatif; Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, G. M. (2024, Januari 24). Yusril: Presiden-Wapres Memang Dibolehkan Undang-Undang untuk Kampanye. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://news.detik.com/pemilu/d-7158786/yusril-presiden-wapres-memang-dibolehkan-uu-untuk-kampanye

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Mawardi, I. (2024, Januari 24). Jokowi: Presiden Boleh Kampanye-Memihak, Menteri Juga Boleh. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://news.detik.com/berita/d-7157506/jokowi-presiden-boleh-kampanye-memihak-menteri-juga-boleh

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha, B., & Faris, A. F. (2024, Januari 25). Kata Istana, Pernyataan Presiden Boleh Kampanye untuk Menteri yang Ikut Timses. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://www.viva.co.id/berita/politik/1681119-kata-istana-pernyataan-presiden-boleh-kampanye-untuk-menteri-yang-ikut-timses

Nugraha, B., & Firdaus, E. (2024, Januari 24). Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak, PSI: Mencontoh Megawati. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://www.viva.co.id/berita/politik/1680750-jokowi-sebut-presiden-boleh-kampanye-dan-memihak-psi-mencontoh-megawati

Nugraha, B., & Ilham, R. F. (2024, Januari 24). Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Memihak di Pilpres. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://www.viva.co.id/berita/nasional/1680686-jokowi-sebut-presiden-boleh-kampanye-dan-memihak-di-pilpres

Priatmojo, D., & Faris, A. F. (2024, Januari 25). Wapres Ma’ruf Amin soal Jokowi Sebut Presiden Boleh Kampanye: Saya Netral, Tidak Memihak. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://www.viva.co.id/berita/politik/1681228-wapres-ma-ruf-amin-soal-jokowi-sebut-presiden-boleh-kampanye-saya-netral-tidak-memihak

Rahayu, L. S. (2024, Januari 25). Wapres Ma'ruf soal Jokowi Bilang Presiden Boleh Kampanye: Saya Tak Memihak. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://news.detik.com/pemilu/d-7160345/wapres-maruf-soal-jokowi-bilang-presiden-boleh-kampanye-saya-tak-memihak

Sadat, A. (2024, Januari 25). Bela Jokowi, Yusril Sebut Presiden Boleh Kampanye dan Berpihak Pada Pemilu. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://www.viva.co.id/berita/politik/1681034-bela-jokowi-yusril-sebut-presiden-boleh-kampanye-dan-berpihak-pada-pemilu

Safitri, E. (2024, Januari 25). Penjelasan Istana soal Jokowi Bilang Presiden Boleh Kampanye dan Memihak. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://news.detik.com/pemilu/d-7159335/penjelasan-istana-soal-jokowi-bilang-presiden-boleh-kampanye-dan-memihak

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Alfabet.

Suryawati, I. (2014). Jurnalistik Suatu Pengantar: Teori dan Praktek. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sutrisno, E. D. (2024, Januari 24). PSI: Dukungan Jokowi ke Capres Bukan Dosa. Retrieved Oktober 28, 2024, from https://news.detik.com/pemilu/d-7158064/psi-dukungan-jokowi-ke-capres-bukan-dosa

Walidin, S. W., & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press,.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.