Preferensi Mahasiswa Dalam Memilih Antara Media Televisi Dan Media Online

Main Article Content

Marvhieno Ardhian Dumalang
Samsunuwiyati Mar’at
Septia Winduwati

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan peran media semakin berkembang. Media online tengah digemari oleh kalangan masyarakat. Media televisi yang biasanya dijadikan sarana utama dalam memperoleh beragam pengetahuan khususnya informasi atau berita politik mulai digantikan dengan media online. Masyarakat yang menyukai informasi atau berita politik memiliki pilihan khusus serta kepuasan tersendiri untuk memilih stasiun televisi apa yang akan dikonsumsi. Penelitian ini diiringi dengan Teori Uses and Gratification, dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teori U&G untuk mengetahui bagaimana preferensi mahasiwa dalam mengkonsumsi stasiun televisi terkait dengan informasi politik. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method’s karena data yang diperoleh berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara mendalam terhadap subjek penelitian. Teknik yang digunakan melalui kuesioner dan wawancara secara mendalam dan melalukan analisis menggunakan analisi reduksi data, model data, verifikasi kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Dumalang, M. A., Mar’at, S., & Winduwati, S. (2018). Preferensi Mahasiswa Dalam Memilih Antara Media Televisi Dan Media Online. Koneksi, 1(2), 479–483. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2027
Section
Articles

References

http://nasional.kompas.com/read/2014/06/13/1017100/Media.dalam.Kontestasi.Politik.2014

Vivian, John. (2008). Teori komunikasi massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi penelitian kualitatif paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>