Propaganda Film Kartun “The Ducktators” Pada Perang Dunia II (Studi Makna Denotasi-Konotasi)

Main Article Content

Keren Hapukh
Hadi Artomo
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

Perang Dunia II menjadi pertarungan militer terbesar yang pernah terjadi di dunia. Propaganda menjadi salah satu alat yang digunakan pada masa Perang Dunia II dengan kemenangan sebagai tujuan utamanya. Film kartun hitam-putih “The Ducktators” merupakan film anak-anak yang digunakan sebagai alat propaganda pada Perang Dunia II oleh Amerika Serikat. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya pesan propaganda dalam film kartun anak-anak yang berjudul “The Ducktators”. Terdapati lima konsep teknik propaganda yang pada tiap masing-masing teknik dijabarkan menjadi tiga. Dengan demikian total keseluruhan teknik yang digunakan yakni lima belas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis denotasi-konotasi Roland Barthes. Hasil penelitian, yaitu adanya pesan-pesan propaganda, seperti penggambaran tiga tokoh Perang Dunia II, yaitu Adolf Hitler, Benito Mussolini, dan Hideki Tojo. Hasil penelitian lain terkait teknik propaganda misalnya, teknik persuasif-symbol, sering munculnya lambang swastika yang mewakili simbol Nazi pada film kartun. Propaganda pada film menjadi salah satu alat perang yang digunakan pada Perang Dunia II saat itu. Namun, tidak hanya pada saat Perang Dunia II saja, propaganda dalam media massa sampai hari ini masih dapat dijumpai.

Article Details

How to Cite
Hapukh, K., Artomo, H., & Candraningrum, D. A. (2018). Propaganda Film Kartun “The Ducktators” Pada Perang Dunia II (Studi Makna Denotasi-Konotasi). Koneksi, 1(2), 437–442. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2019
Section
Articles

References

Ardianto, Elvinaro. (2016). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Heywood, Andrew. (2017). Politik Global, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Paramita, S. (2017). Dunia Sensor dan Moral Bangsa. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi, Bandung:Pustaka Setia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>