Riset Evaluasi Gaya Komunikasi The Equalitarian Style Merry Riana Dalam Pembentukan Karakter Anak

Main Article Content

Devita Obadja
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

Merry Riana Learning Centre merupakan salah satu jasa edukasi yang bergerak di bidang pembentukan karakter. Sesuai dengan nama perusahaan, jasa edukasi ini dikelola oleh Merry Riana langsung. Beliau merupakan seorang speaker, motivator, dan seorang pengusaha. Progam-program ini disajikan bagi anak-anak usia 8 hingga 19 tahun. Untuk berkomunikasi dengan anak-anak belia seperti itu, membutuhkan gaya komunikasi tersendiri bagi Merry Riana agar dapat menjalin komunikasi dengan anak didiknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya komunikasi the equalitarian style Merry Riana dalam membentuk karakter anak didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya komunikasi the equalitarian style Merry Riana dalam pembentukan karakter anak di Merry Riana Learning Centre. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kredibilitas dan penetrasi sosial, serta menggunakan teori gaya komunikasi The Equalitarian Style. Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian fenomenologi. Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa gaya komunikasi the equalitarian Merry Riana sudah ideal dalam menjalin komunikasi dan membentuk karakter seorang anak. Merry Riana menjalin komunikasi secara bertahap dengan memanfaatkan body gesture dan penyampaian pesan yang dilakukan secara heart to heart.

Article Details

How to Cite
Obadja, D., & Candraningrum, D. A. (2019). Riset Evaluasi Gaya Komunikasi The Equalitarian Style Merry Riana Dalam Pembentukan Karakter Anak. Koneksi, 2(2), 277–284. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3896
Section
Articles
Author Biographies

Devita Obadja, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ahmad, Syarwani & Harapan, Edi. (2016). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. Pekommas, 18(3).

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis.Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Rohim, Syaiful. (2009). Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

Ruliana, Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

file:///C:/Users/qwertyu/Downloads/312-956-1-PB%20(1).pdf

Juarsa, Erwin. (2016). Gaya Komunikasi Pemimpin Divisi MIS Trias Sentosa Tbk Krian.

https://media.neliti.com/media/publications/82981-ID-gaya-komunikasi-pemimpin-divisi-mis-pt-t.pdf

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

http://digilibfkip.univetbantara.ac.id/materi/Buku.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>