Komunikasi Persuasif dalam Kampanye Gerakan Anti Hoaks oleh Komunitas Mafindo Jakarta

Asyffa Nauma Dilla, Diah Ayu Candraningrum
| Abstract views: 247 | views: 741

Abstract

Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) merupakan gerakan komunitas independen yang berkenaan dengan literasi dan edukasi masyarakat mengenai hoaks. Komunitas Mafindo didirikan untuk meminimalisasi penyebaran berita bohong (hoaks) pada media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari komunikasi persuasif dalam kampanye gerakan anti hoaks pada kegiatan pelatihan literasi digital “Tanpa Hoaks, Kita Rukun Berdemokrasi” yang dilakukan komunitas Mafindo dalam konteks pergerakan masyarakat terhadap hoaks. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kampanye, Teori Komunikasi Persuasif dan Teori Tahapan Perubahan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kampanye Gerakan Anti Hoaks yang dilakukan Komunitas Mafindo memiliki konsep edukasi dan sosialisasi yang dikemas dalam dua bentuk yakni online melalui media sosial dan offline melalui pelatihan literasi digital. Komunikasi persuasif yang diterapkan memenuhi unsur Claim Warrant dan Data serta Teknik Persuasif yang dilakukan yaitu dengan penerapan Teknik Asosiasi, merupakan penyajian pesan yang ditampilkan secara menarik sehingga membentuk perhatian publik.

Keywords

Kampanye; Komunikasi Persuasif; Hoaks; Teori Tahapan Perubahan Perilaku

Full Text:

PDF

References

Devito, J. A. (2013). Interpersonal Communication Book, The 13th Edition. London: Pearson.

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu - ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika

Hasil wawancara bersama Key Informan Dewi Sartika Sari, 15 Mei 2019.

Hasil wawancara bersama Key Informan Heni Mulyati, 15 Mei 2019.

Https://www.facebook.com/MafindoID/ (diakses pada tanggal 14 Juli 2019 pukul 16.50 WIB).

KBBI Daring. Retrieved Februari 23, 2019, pukul 19.00 WIB from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/hoaks.

Mafindo. About. Retrieved Maret 8, 2019, pukul 19.00 WIB from

Https://www.Mafindo.or.id/about/

Masyarakat Telematika Indonesia. (2017). Hasil Survey Wabah Hoax Nasional 2017.

Retrieved Maret 8, 2019 pukul 19.30 WIB from Https://mastel.id/infografis-

hasil-survey-mastel-tentang-wabah-hoax-nasional/.

Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Akademia.

McQuail, & Dennis. (2012). Teori Komunikasi Massa (Edisi 6.). Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Onong U, E. (2004). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, R. (2013). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations (7 ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Venus, A. (2004). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Copyright (c) 2019 Koneksi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.