Konten Tiktok untuk Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rude Basic dan Agate Deluxe)

Main Article Content

Cindy Delicia
Sinta Paramita

Abstract

Covid – 19 outbreak causing reduction revenue of UMKM drop by 30 percent. On the other hand, pandemic giving a lot of increase in social media uses especially TikTok. TikTok as a social media that provides users to upload and watch short video of 15 second – 5 minutes, usually videos that uploaded on TikTok called TikTok content. UMKM used TikTok as digital marketing. This research intend to knowing the uses of TikTok content to improve UMKM in pandemic and TikTok advertising process. This research using qualitative method using study case, researcher will doing interview, observation and literature review. Researcher will having an interview with Rude Basic and Agate Deluxe who use TikTok as promotion media of their business. Both UMKM success increasing their business using TikTok content.

Pandemi Covid – 19 menyebabkan penurunan omzet pada UMKM sebesar 30 persen. Di sisi lain karena adanya pandemi terjadi peningkatan pengguna media sosial khususnya TikTok. TikTok merupakan aplikasi media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk mengunggah dan menyaksikan video dengan durasi 15 detik – 5 menit biasanya video yang diunggah ke TikTok bisa disebut konten TikTok. UMKM menggunakan TikTok sebagai pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konten TikTok dalam meningkatkan UMKM di masa pandemi serta proses beriklan di TikTok. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus, subyek dari penelitian ini adakah pelaku usaha UMKM, obyek dari penelitian ini adalah konten TikTok. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan kepada pelaku usaha UMKM yaitu Rude Basic dan Agate deluxe. Rude Basic dan Agate Deluxe aktif menggunakan TikTok sebagai media promosi UMKM. Kedua UMKM berhasil meingkatkan usahanya dengan penggunaan konten TikTok.

Article Details

How to Cite
Delicia, C., & Paramita, S. (2022). Konten Tiktok untuk Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rude Basic dan Agate Deluxe). Koneksi, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15768
Section
Articles
Author Biographies

Cindy Delicia, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Aisyah, S. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Bagi UMKM Serta Strategi EMarketing UMKM di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 3–9.

Amalia, C. D. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @lcheesefactory terhadap Minat Beli Konsumen. Jom Fisip, 7, 1–11.

Jesslyn, J., & Winduwati, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Pada Online Shop @ivoree.id dalam Memasarkan Produk. Prologia, 5(1), 135–141. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8178

Juliaristanti, V., Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2020). Analisis Karakteristik Followers dan Konten Iklan Dalam Mengukur Efektivitas Instagram Stories Advertisement Pada Produk Kosmetik Wardah. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(8), 503-513. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0Ahttp://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L603546864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0A

http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76

Kurnianti, A. W., & Tidar, U. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 180–190.

https://doi.org/https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.24

Omar, B., & Dequan, W. (2020). Watch, share or create: The influence of personality traits and user motivation on TikTok mobile video usage. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 121–137.

https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12429

Sendari, A. A. (2021). Influencer adalah Pemengaruh, Ketahui Peran dan Jenisnya. Liputan 6. https://hot.liputan6.com/read/4625608/influencer-adalahpemengaruh-ketahui-peran-dan-jenisnya

Tasruddin, R. (2016). Tren periklanan di media sosial. Journal UIN - Alaudin, 15–20. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/5504#

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>